SITE STATUS
Jumlah Member :
484.260 member
user online :
2236 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Tunda Jenis Makanan ini Sebelum 1 Tahun

   

Tunda Jenis Makanan ini Sebelum 1 Tahun



Memasuki usia 6 bulan si kecil mulai mendapatkan makanan selain Air Susu Ibu (ASI). Makanan pendamping ASI (MPASI) diberikan untuk memenuhi kebutuhan gizinya, karena semakin besar usianya ia membutuhkan energi lebih, dan mengonsumsi ASI saja tidak cukup. Namun, Bunda harus cermat memperhatikan pemberian MPASI-nya.

Kali ini situs kesayangan Bunda akan memaparkan beberapa makanan yang sebaiknya ditunda diberikan sebelum usianya 1 tahun. Mengapa 1 tahun? Karena saat si kecil sudah berusia 1 tahun, ia sudah boleh mengonsumsi table food. Table food adalah makanan yang biasa dimakan oleh orang dewasa, makanan yang sama dengan Ayah dan Bunda.

Untuk itu Bunda perlu tahu makanan apa saja yang sebaiknya ditunda sebelum usianya 1 tahun, seperti:
1. Madu
Beberapa orangtua memberikan madu untuk menciptakan rasa manis pada jus atau makanan. Hati-hati, madu mengandung bakteri Clostridium Botulinum yang bisa meracuni syaraf dan mengakibatkan kelumpuhan. Bayi belum memiliki imunitas yang bisa melawan bakteri ini.
2. Garam
Biarkan bayi menikmati rasa asli dari makanannya. Ginjal bayi belum terlalu kuat untuk memproses garam. Bila ingin memberikan rasa gurih gunakanlah kaldu daging atau ayam.
3. Gula
Tunda pemberian gula supaya gigi bayi tidak rusak sejak dini. Bila Bunda kuatir dengan rasa yang hambar, berikan buah-buahan manis dalam makanannya sebagai pengganti gula.
4. Kacang
Kacang dianjurkan ditunda karena kacang seringkali menimbulkan reaksi alergi pada anak. Meski tidak semua anak, sebaiknya pemberian kacang ditunda hingga usianya 1 tahun. Selain itu mengonsumsi kacang dapat menimbulkan kemungkinan tersedak.
5. Susu Sapi
Susu sapi, termasuk susu UHT dalam kemasan sebaiknya tidak diberikan sebelum usianya 1 tahun. Susu sapi berpotensi menimbulkan alergi. Kecuali produk turunannya seperti keju, yoghurt boleh mulai diberikan saat usianya 8 bulan.

Selain jenis makanan, perhatikan pula tekstur makanan bayi. Berikut tingkatan teksturnya:
-  Semi cair : semi cair diberikan pada bayi usia 6 bulan. Dianjurkan diberikan bubur susu, yaitu tepung beras yang dicampurkan dengan ASI atau susu formula. Jus buah yang manis juga boleh diberikan.
Tekstur lumpur : tingkatkan tekstur makanan bayi menjadi sedikit lebih padat saat usianya memasuki 7-8 bulan. Nasi tim yang disaring bisa diberikan.
-  Tekstur padat : mendekati usia 1 tahun si kecil boleh diberikan nasi lunak. Tidak lembek seperti tekstur lumpur tetapi tidak keras seperti nasi untuk orang dewasa. Jangan lagi memberikannya buah yang diblender lama. Biarkan ia belajar mengunyah pelan-pelan.
Nah, Bunda kini sudah tahu makanan apa saja yang perlu ditunda sebelum usianya 1 tahun. Jangan dulu diberikan untuk kebaikannya ya, Bun!

Tips:
-  Gunakan cara 3 Days Rules. Yaitu mencoba makanan yang sama dalam 3 hari berturut-turut untuk melihat reaksi alergi. Bila tidak timbul alergi makanan boleh terus diberikan.
-  Bila bunda ingin mencoba memberikan seafood pada si kecil, boleh saja. Namun, tetap gunakan metode 3 Days Ruules untuk mengetahui reaksi alergi si kecil.

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman