SITE STATUS
Jumlah Member :
481.969 member
user online :
2142 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Yuk, Mulai Menyusui Kembali (Relaktasi)

   

Yuk, Mulai Menyusui Kembali (Relaktasi)



Bunda mana yang tidak ingin memberikan Air Susu Ibu (ASI) pada buah hatinya? Bunda juga pasti ingin memberikan ASI sebagai nutrisi terbaik untuk bayi hingga usianya 2 tahun. Namun, tidak semua Bunda bisa memberikan ASI eksklusif apalagi hingga usianya 2 tahun. Berbagai kendala seperti minimnya pengetahuan Bunda dan Ayah tentang Laktasi, tekanan dari keluarga dan hal lain yang membuat Bunda stress sehingga ASI sulit keluar, seringkali menjadi alasan memberikan susu formula pada bayi.

Bagi Bunda yang pernah memberikan ASI tetapi sempat terhenti, sebaiknya Bunda melakukan relaktasi. Apa itu relaktasi?
Relaktasi adalah upaya untuk mengaktifkan kembali produksi ASI yang sempat terhenti. Proses menyusui yang terhenti dalam beberapa hari, beberapa minggu bahkan tahun bisa diaktifkan kembali. Memangnya bisa? Bisa.
Hisapan bayi akan mengirim sinyal ke otak Bunda dan mempengaruhi bagian otak yang disebut hipofisis. Hipofisis bagian depan akan mengeluarkan hormon prolaktin yang akan masuk ke dalam darah dan menimbulkan refleks prolaktin yang memiliki peran dalam produksi ASI. Sedangkan Hipofisis belakang akan mengeluarkan hormon oksitoksin yang menimbulkan refleks oksitoksin untuk kontraksi otot di sekitar saluran ASI sehingga ASI diproduksi dan dapat dikeluarkan.

Mengapa relaktasi?
Beberapa Bunda memutuskan untuk relaktasi biasanya karena alasan;
-       ASI sebagai pengobatan rehidrasi pada bayi mencret dan kurang gizi setelah penyapihan.
-       Ingin menyusui kembali setelah disapih mengingat bayi lahir prematur.
-       Bayi tidak cocok dengan susu formula.
-       Atau bisa juga karena biaya susu formula yang tidak sedikit, akhirnya Bunda memutuskan untuk kembali memberi ASI.

Bagaimana melakukannya?
Bila Bunda ingin melakukan relaktasi hal pertama yang perlu Bunda lakukan adalah konsultasi dengan konselor laktasi. Pahami bahwa seluruh organ produksi ASI butuh waktu untuk bekerja hingga kembali siap memproduksi ASI. Jadi, Bunda jangan langsung kecewa karena ASI belum juga keluar. Bila dilakukan dengan cara yang tepat menyusui kembali diperlukan waktu 1 hingga 1,5 bulan sampai ASI keluar.
Tetap semangat demi kebaikan si kecil ya, Bun!

Note:

Mungkin Bunda pernah mendengar tentang ASI basi. Apakah Relaktasi berarti memberikan ASI basi? ASI yang sudah dikeluarkan mungkin bisa basi, tetapi ASI di dalam tubuh Bunda tidak akan basi. Itu hanyalah mitos saja. ASI yang terlihat encer bukanlah ASI basi, melainkan dua lapisan, yaitu Foremilk (ASI awal cenderung lebih encer) dan Hindmilk (ASI akhir yang lebih kental).

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman