SITE STATUS
Jumlah Member :
480.689 member
user online :
1782 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Pentingnya DHA Selama Kehamilan

   

Pentingnya DHA Selama Kehamilan



Ketika Bunda baru mengetahui kini tengah hamil, tentunya Bunda ingin mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang kehamilan. Bunda pun perlu tahu pertumbuhan janin setiap minggunya, sehingga Bunda tahu apa yang diperlukan janin pada saat itu.
Misalnya pertumbuhan otak bayi. Otak bayi yang mulai tumbuh di pekan ke-5 tentunya memerlukan beberapa nutrisi penting sehingga pertumbuhannya normal.

DHA
Nutrisi yang paling penting dan berpengaruh langsung pada pertumbuhan otak janin yakni asam dokosaheksaenoat (DHA). DHA dibutuhkan untuk pertumbuhan jaringan otaknya. DHA dan omega 3 dibutuhkan janin untuk pembentukan sistem saraf pusatnya
Bunda yang sedang hamil perlu mengonsumsi DHA supaya otak janin tumbuh dengan normal yang bermanfaat besar di dua tahun pertama kehidupan bayi.
DHA secara alami didapat dari Air Susu Ibu (ASI). Tetapi, sekarang ini beberapa susu formula ibu hamil dan susu formula bayi juga telah mengandung DHA.  Namun dokter selalu menyarankan sumber alami adalah pilihan terbaik. Makanan yang mengandung DHA yakni ; ikan laut terutama salmon, tuna (tuna sirip biru dikabarkan lebih banyak kandungan DHA-nya), sarden, haring, patin, makarel, kepiting, kerang, dan telur omega 3.
Belum ada yang dapat memastikan berapa banyak kadar DHA yang dibutuhkan wanita hamil. Sebuah studi mengatakan wanita hamil membutuhkan 250 mg DHA setiap harinya.

Stimulasi
Sebagai orangtua kita pun harus cerdas dalam menerima informasi. Memang banyak susu formula yang mengandung AA dan DHA. Namun, semua itu akan menjadi sia-sia tanpa adanya stimulasi dari orangtua di rumah.  Keputusan paling baik adalah memberinya nutrisi yang baik dan juga stimulasi yang cukup untuk melatih motorik kasar dan halusnya. Dengan begitu kecerdasannya dapat terasah secara maksimal.
Stimulasi dapat diberikan mulai dari bayi baru lahir. Misalnya memberikan stimulasi yang merangsang indera-inderanya, seperti melalui mainan yang berbunyi, mainan yang berwarna warni, dll.

Tips :
-       Pastikan Bunda mengonsumsi makanan laut yang bebas merkuri. Merkuri dapat mengakibatkan bayi lahir cacat.
 
 
Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman