SITE STATUS
Jumlah Member :
484.367 member
user online :
2052 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Kebiasaan Makan dan Asupan Gizi si Kecil

   

Kebiasaan Makan dan Asupan Gizi si Kecil



Masa balita adalah masa di mana pertumbuhan dan perkembangannya bergerak pesat. Untuk itu Bunda perlu memperhatikan kecukupan gizinya sehingga pertumbuhan serta perkembangannya tidak terganggu.

Aktifitas balita memang tidak sepadat orang dewasa, namun mereka memerlukan energi juga untuk bermain. Pastikan balita mendapatkan gizi dari makanan sehat seperti daging tanpa lemak, unggas, makanan laut, telur, kacang-kacangan, roti gandum, sereal, makanan yang terbuat dari susu, buah-buahan dan sayuran. Balita perlu mendapatkan asupan protein, kalsium, zat besi, vitamin A, vitamin D yang tinggi. Kalsium membantu pertumbuhan giginya dan bersama dengan vitamin D membuat tulang-tulangnya lebih kuat. Masa anak-anak adalah saat yang penting untuk pertumbuhan gigi dan tulangnya.
 
Kue manis, Permen dan Junk Food
Kue-kue kering yang manis dan permen mungkin bisa menjadi kawan untuk sesaat, tetapi bisa juga menjadi lawan. Bila Bunda memberinya cookies dan permen, kemungkinan besar anak tidak akan mau makan makanan utamanya.  Padahal letak gizi yang diperlukannya berada pada makanan utama si kecil. Bila terus makan makanan manis, perutnya sudah terasa kenyang. Kalau begitu dapat dipastikan si kecil kehilangan gizi untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Untuk itu mulai sekarang hindarilah mengiming-iminginya dengan kue-kue manis dan permen. Minimalkan jadwal jalan-jalan ke mall karena sebagian besar pengunjung mall akan menghabiskan waktu untuk menikmati junk food. Dengan mengurangi aktifitas ke mall Bunda dan si kecil tidak tergoda menyicipinya.
 
Makan Malam
Selain sarapan yang sangat penting untuk si kecil, makan malam tak kalah pentingnya. Buatlah kebiasaan khusus saat makan malam. Seluruh anggota keluarga diusahakan selalu makan malam bersama. Masak makanan yang sehat untuk seluruh keluarga. Ciptakan suasana yang menyenangkan sehingga ini akan menjadi kebiasaannya untuk makan di rumah tidak selalu minta jajan di luar. Makan malam bisa Bunda jadikan waktu untuk mengajarkannya makan sendiri. Berikan aturan di meja makan, misalnya ia terus mengetuk-ngetuk sendoknya ke meja, katakan bahwa itu tidak sopan dan menggangu orang lain.
 
Tips :
Bunda perlu membuatkannya camilan di sela-sela makanan utamanya. Dari pada memberinya kue manis, biskuit atau permen, buatkan camilan untuknya, seperti : 
-        * Setengah potong sandwich (bisa isi sosi atau daging dan potongan sayuran)
-         * Fruit smoothies atau buah yang dicampur yoghurt
          * Pudding susu, sereal atau buah
 
Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman