SITE STATUS
Jumlah Member :
481.998 member
user online :
2583 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Normalkah Hamil Tanpa Keluhan?

   

Normalkah Hamil Tanpa Keluhan?



Kehamilan merupakan anugerah yang tak terhingga, khususnya untuk Bunda yang memang mendambakan kehadiran buah hati. Untuk Bunda yang sudah dinyatakan positif hamil, selamat ya!

Umumnya, karena perubahan hormon Bunda hamil akan mengalami masa morning sickness, yaitu masa di mana Bunda akan merasa mual, tidak nafsu makan dan muntah. Biasanya morning sickness terjadi pada trimester pertama.

Selain morning sickness, Bunda hamil akan mengalami beberapa keluhan, seperti: sakit punggung, sakit tulang ekor (skiatika), kulit menjadi hitam di beberapa area terutama payudara, kaki bengkak, dll.

Tetapi bagaimana bila Bunda tidak mengalami keluhan-keluhan ini? Apakah normal?

Tidak Semua Sama

Perubahan kadar hormon setiap bunda hamil berbeda satu dengan lainnya. Tidak heran bila ada Bunda yang tidak mengalami keluhan-keluhan itu.

Bila ditanya apakah normal? jawabannya adalah normal karena kadar hormon yang berbeda. Tetapi ada beberapa pendapat lain yang menjawab iya dan tidak. Tingginya tingkat hormon merupakan penyebab utama dari morning sickness, sekaligus sebagai tanda bahwa kehamilan bergerak ke arah yang baik. Tetapi bukan berarti yang tidak mengalaminya akan mengalami masalah janin.

Cukupi Nutrisi

Jadi Bunda tak perlu kuatir bila tidak mengalami keluhan-keluhan selama kehamilan. Baik atau buruknya pertumbuhan janin ditentukan oleh banyak faktor, salah satunya nutrisi. Cukupi kebutuhan nutrisi harian Bunda. Jangan lupa untuk melakukan rileksasi dan olahraga rutin setidaknya dua kali seminggu.

A Happy Mommy makes a Happy Baby!

Tips: Walapun tanpa keluhan, Bunda harus tetap secara rutin melakukan ANC (Ante Natal Care) atau pemeriksaan kehamilan. Lakukan minimal empat kali selama masa kehamilan.

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman