SITE STATUS
Jumlah Member :
253.400 member
user online :
3096 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Hal-hal Penting ini di Trimester Kedua Kehamilan

   

Hal-hal Penting ini di Trimester Kedua Kehamilan



Bila dua minggu lalu Infobunda membahas kehamilan trimester pertama, minggu ini kita akan membahas kehamilan trimester kedua. Hamil adalah perjalanan yang menyenangkan. Bersiaplah untuk merasakan perubahan menakjubkan lainnya di trimester kedua. Berikut hal penting yang perlu Bunda ketahui di trimester kedua kehamilan Bunda:

1. Memasuki trimester kedua mual-mual mulai berkurang. Tetapi mungkin Bunda akan sedikit merasa nyeri di bagian perut. Hal ini wajar karena rahim yang membesar dan mengakibatkan peregangan di sekitar ligamen.

2. Usia janin 15-16 minggu sudah sering bergerak meskipun Bunda belum terlalu merasakan gerakannya. Tulang tengkoraknya semakin solid dan ia sudah bisa mengisap jempolnya. Pada trimester kedua matanya sudah sensitif terhadap cahaya.

3. Beberapa Bunda merasakan sesak napas pada trimester ini. Jangan kuatir, hal ini masih normal. Paru-paru mulai terangkat naik karena rahim yang membesar. Jangan berlebihan makan supaya berat badan tidak meningkat pesat sehingga menambah sesak napas.

4. Lingkar pinggul dan pinggang Bunda mulai melebar. Mulailah membeli baju-baju hamil. Bunda tak nyaman lagi menggunakan t-shirt kesayangan Bunda. Pada minggu ke-27 berat badan Bunda akan bertambah 7-10kg. Berat badan yang naik bisa menimbulkan stretchmark. Nikmati saja Bunda! Stretchmark akan berkurang setelah melahirkan.

5. Produksi ASI mulai terasa pada trimester ini. Bunda mungkin merasa payudara Bunda bertambah besar dan keras. Mungkin Bunda harus membeli bra baru. Belilah bra untuk menyusui yang bisa dipakai saat si kecil sudah lahir nanti. Bila payudara terasa nyeri, Bunda bisa melakukan pemijatan memutar. Bersihkan puting dengan kapas basah.

6. Lebih bergairah. Memasuki bulan ke-4 dan 5 mungkin Bunda merasa lebih bergairah untuk berhubungan intim. Tubuh Bunda menghasilkan lebih banyak hormon estrogen sehingga membuat Bunda lebih bergairah.

7. Sakit punggung dan pinggang. Perut yang semakin membesar membuat Bunda malas untuk berdiri tegak dan memilih sedikit membungkuk. Akibatnya sakit punggung dan pinggang tak terhindarkan. Usahakan untuk tetap berdiri tegak. Lakukan stretching saat bangun tidur dapat mengurangi sakit punggung dan pinggang.

8. Beberapa wanita hamil mengalami kaki, tangan, leher bahkan wajah bengkak. Kurangi konsumsi garam supaya bengkak menurun. Pastikan posisi kaki lebih tinggi saat Bunda tidur. Gunakan bantal untuk meletakkan kaki.

Meski perubahan-perubahan terjadi dalam tubuh, tetaplah nikmati kehamilan Bunda. Karena Bunda hamil yang bahagia dapat membantu pertumbuhan janin. Sehat terus kehamilannya ya Bun!

Tips: konsultasikan dengan dokter bila Bunda merasa ragu dengan perubahan yang terjadi.

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman