SITE STATUS
Jumlah Member :
482.106 member
user online :
2390 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Tidak Haid Tapi Tidak Hamil

   

Tidak Haid Tapi Tidak Hamil



Haid yang tak kunjung datang terkadang membuat Bunda cemas. Bisa cemas karena kuatir hamil atau sebaliknya kuatir karena belum hamil. Untuk Bunda yang menunda kehamilan, tentu terlambat haid membuat Bunda bertanya-tanya, namun bagi Bunda yang menantikan kehamilan, tentunya ini adalah pertanda baik. Segeralah tes dengan alat tes kehamilan dan lihat hasilnya.

Selamat bagi Bunda yang memang mengharapkan kehamilan dan ternyata positif. Tetapi bila hasil tes kehamilan menunjukkan negatif dan Bunda terlambat menstruasi hingga 14 hari, periksalah segera ke dokter. Sebenarnya apa sih menstruasi itu dan apa penyebabnya hingga Bunda terlambat menstruasi?
Menstruasi atau haid adalah proses peluruhan dinding rahim dan sel telur yang tidak dibuahi. Jika dinding rahim dan sel telur tidak luruh kemungkinan kehamilan telah terjadi. Lalu bagaimana bila Bunda tidak hamil tetapi tidak mengalami menstruasi? Apa penyebabnya hingga menstruasi tak kunjung datang?

Penyebab tidak menstruasi:

- Terlalu Lelah
Rutinitas sehari-hari yang berlebihan membuat Bunda kelelahan secara fisik. Kelelahan ini seringkali menjadi pemicu menstruasi tidak kunjung datang. Kelelahan fisik juga mengakibatkan masa mentruasi pendek.

- Stress
Bekerja berlebihan tetapi istirahat tidak cukup dapat menyebabkan stress. keadaan ini mempengaruhi produksi hormon yang dapat mengganggu siklus menstruasi.

- Penggunaan Kontrasepsi
Menggunakan alat kontrasepsi hormonal seperti pil memberikan efek samping tidak teraturnya siklus menstruasi. Konsultasikan pada dokter alat kontrasepsi apa yang cocok untuk Bunda.

Bila Bunda mengalami menstruasi tidak teratur, hindari kemungkinan penyebab di atas. Ada beberapa cara yang bisa Bunda lakukan untuk membantu menstruasi lebih lancar. Salah satunya dengan mengonsumsi buah-buahan, olahraga cukup dan rutin, hindari stress dan beristirahat yang cukup.

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman