SITE STATUS
Jumlah Member :
482.168 member
user online :
2039 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Kenal Lebih Dekat dengan Infertilitas

   

Kenal Lebih Dekat dengan Infertilitas



Bunda pasti pernah mendengar istilah infertilitas, tetapi mungkin Bunda belum mengerti apa sih sebenarnya infertilitas itu. Infertilitas adalah keadaan di mana seseorang tidak dapat hamil atau tidak dapat menjalani kehamilannya secara utuh. seseorang dapat dicurigai infertilitas bila telah melakukan hubungan intim secara teratur tanpa kontrasepsi lebih dari satu tahun namun belum juga hamil.

Tentunya untuk menyatakan seseorang tidak mampu hamil harus dilakukan beberapa tes, seperti :

• Tes sperma
Tes sperma dilakukan untuk mengetahui jumlah sperma seorang pria. Memang untuk membuahi sel telur, pria hanya membutuhkan satu sel sperma namun tes ini dilakukan untuk memperkirakan berapa peluang yg ada untuk hamil. Selain jumlah sel, tes sperma juga bertujuan untuk melihat seberapa aktif sel-sel sperma itu bergerak menuju sel telur.

• Tes kesuburan wanita

Tes ini bertujuan untuk mengamati tanda-tanda kapan seorang wanita sedang dalam masa subur. Sehingga bisa disarankan melakukan hubungan suami istri lebih sering pada masa ini untuk mencapai kehamilan.

Sulitnya mencapai kehamilan tentu bukan tanpa sebab. Penyebab ini bisa timbul dari sisi wanita atau pun pria. Misalnya saja pada wanita terjadi penyumbatan saluran sel telur yang pada akhirnya sulit ditembus sel sperma. Penyebab lain pada wanita adalah faktor usia. Kualitas sel telur sedang tinggi-tingginya pada usia 20-30 tahun. Pada usia 35 tahun kesuburan mulai turun seiring dengan kualitas sel telur yang menurun. Tidak heran bila kita sering mendengar anjuran untuk menikah dan hamil di usia kurang dari 30 tahun.
Penyebab pada pria bisa dikarenakan infeksi yang membuat sperma tidak matang saat keluar (ejakulasi). Pada beberapa kasus juga ditemukan adanya faktor genetik.
Penyebab lainnya karena faktor psikologi pasangan yang kurang relax dan gaya hidup (merokok, mengonsumsi alkohol, kafein, dll).

Bila Bunda merasa terlalu lama sulit hamil, segeralah lakukan pemeriksaan ke dokter. Dokter akan melakukan riset terlebih dahulu termasuk tes sperma dan tes masa subur. Setelah itu biarkan dokter mendiskusi-kan pada beberapa ahli sebelum mengambil tindakan tepat sampai Bunda mencapai kehamilan. Tindakan tepat ini sangat penting mengingat setiap pasangan memiliki hambatan yang berbeda.

Tips :
-    Lakukan hubungan suami istri normal (2-3 kali seminggu) atau menurut saran dokter.
-    Bunda bisa menggunakan tes ovulasi untuk mengetahui kapan masa subur Bunda.

 
Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman