SITE STATUS
Jumlah Member :
484.216 member
user online :
2554 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Carseat yang Tepat untuk si Kecil

   

Carseat yang Tepat untuk si Kecil



Bagi Bunda yang sering menggunakan mobil pribadi sebagai alat transportasi, Bunda wajib memiliki kursi bayi (Carseat). Memang, di Indonesia carseat belum banyak digunakan. Biasanya si kecil hanya didudukkan di pangkuan Bunda atau Ayah saja. Tetapi di Negara lain seperti Amerika Serikat, bayi dan anak-anak harus menggunakan carseat saat berkendara.

Sudah saatnya Bunda membelikan carseat untuknya. Tetapi jangan asal memilih carseat ya, Bun! Tidak perlu yang mahal, yang penting utamakan segi keamanannya.

Berikut hal yang perlu Bunda perhatikan sebelum membeli carseat:

1.     Usia bayi

Ada 3 jenis carseat berdasarkan usia bayi dan anak:

- Khusus bayi : carseat ini bisa digunakan untuk bayi new born hingga berat 15kg. carseat ini cenderung ringan. Karena ringan carseat ini mudah dibawa kemana-mana dan juga mudah untuk dilepaskan tanpa harus melepas sabuk pengamannya.

- Usia 2-4 tahun : anak usia 2-4 tahun sudah bisa menggunakan carseat yang menghadap ke depan. Umumnya carseat ini bisa digunakan hingga berat 18kg.

- Usia 4-11 tahun : carseat ini bisa digunakan hingga berat anak 36kg.

2.     Cara Pakai

Utamakan kemudahan cara pakainya. Jangan sampai Bunda hanya tertarik pada bentuk, warna atau merek-nya tetapi Bunda sulit menggunakannya. Pastikan sabuk pengaman mudah dipasang tetapi tidak mudah dibuka si kecil.

3.     Kenyamanan

Pilihlah bahan carseat yang nyaman, halus dan tidak panas. Perhatikan juga apakah carseat mudah dibersihkan dan memiliki daya serap yang cukup tinggi, sehingga kalau basah carseat cepat kering kembali.

4.     Baru atau bekas

Bila Bunda memiliki budget lebih tidak ada salahnya membeli carseat baru. Tetapi bila Bunda memang harus membeli yang bekas, perhatikan apakah sabuk pengamannya berfungsi dengan baik. Jangan memaksa membeli bila sabuk pengamannya macet atau rusak.

Nah, sekarang Bunda sudah tahu bagaimana memilih carseat yang tepat untuk si kecil, Selamat hunting carseat untuk si kecil ya, Bun!

Tips:

- Demi keselamatan anak, jangan biarkan anak duduk di kursi depan mobil hingga usianya 13 tahun. Terlebih bila mobil dilengkapi dengan airbag.

- Bila bayi merosot ke bagian samping atau bawah carseat, selipkan gulungan kain di kedua sisi kanan , kiri dan selangkangan bayi. Jangan menyelipkan kain di bagian belakang atau bawah punggung bayi.

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman