SITE STATUS
Jumlah Member :
484.166 member
user online :
1934 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Percaya Diri Memandikan Si Kecil

   

Percaya Diri Memandikan Si Kecil



Beberapa Bunda yang baru di anugerahi bayi, seringkali ragu untuk memandikannya. Salah satu alasannya kurang percaya diri karena takut terkilir bagian tubuh bayi yang masih sangat rentan. Mungkin Bunda adalah salah satunya.

Perlu Bunda ketahui bahwa memandikan bayi bukan hanya untuk membersihkan tubuhnya saja tetapi juga membuatnya nyaman. Saat mandi adalah saat di mana ia teringat kembali masa-masa di dalam rahim Bunda yang penuh dengan air ketuban. Untuk itu Bunda harus tahu bagaimana cara memandikan bayi yang tepat supaya ia dapat menikmatinya.

Ada dua versi cara memandikan bayi, yaitu langsung dimandikan pada bak mandi dan ada juga yang dibersihkan pada tempat yang kering dahulu. Bila Bunda ragu memandikan bayi di dalam bak mandi, Bunda dapat memandikannya dengan cara yang kedua yaitu memandikan bayi di permukaan yang datar. Berikut langkah-langkahnya:

- Siapkan perlengkapan yang akan digunakan pada tempat yang mudah dijangkau.

- Lepaskan perhiasan atau jam tangan yang Bunda gunakan agar tidak melukai si kecil.

- Isi bak air dengan air hangat, rasakan suhu air sebaiknya hangat-hangat kuku atau tidak terlalu panas, kurang lebih 29-30 derajat celcius. Bunda dapat meletakkan anti slip pada bak mandi, agar si kecil tidak terpeleset saat dimandikan.

- Siapkan perlak yang telah dialasi handuk, letakkan si kecil diatasnya, kemudian lepaskan baju secara perlahan.

- Bersihkan mata dengan bola kapas yang telah dibasahi air matang bersuhu normal. Bersihkan juga sekitar wajah, telinga, dan lipatan leher.

- Basahi waslap, tuangkan shampoo/sabun bayi 2in1 pada waslap, busakan terlebih dahulu, kemudian keramasi kepala si kecil, kemudian sabuni seluruh tubuh, terutama bagian lipatan tubuh.

- Angkat, masukan ke dalam bak yang telah dipersiapkan sebelumnya. Bilas hingga bersih dari sisa sabun.

- Angkat si kecil dan letakkan di atas perlak, kemudian keringkan dengan handuk.

- Tuangkan baby oil / baby lotion pada telapak tangan bunda, kemudian ratakan pada tubuh si kecil, terutama lipatan kulit. Hal ini bertujuan agar si kecil merasakan hangatnya dan usapan lembut dari tangan Bunda.

- Kenakan pakaian bersih yang telah disiapkan.

Tips:

* Gunakan produk sabun atau shampoo khusus untuk bayi. Hentikan pemakaian sabun atau lotion bayi bila setelah pemakaian terdapat tanda-tanda alergi seperti kemerahan pada kulit dan segera periksa ke dokter untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

* Untuk mencegah lecet pada lipatan kulit, oleskan baby lotion seperlunya. Hentikan penggunaan bila sudah terjadi lecet dan segera periksa pada dokter untuk pengobatan lebih lanjut.

* Pastikan si kecil selalu berada dalam pengawasan bunda. Angkatlah sikecil dari dalam air, sebelum bunda melakukan hal lain, meskipun dalam waktu terdesak seperti mangangkat telepon, membukakan pintu dan lainnya. Hal ini untuk menghindar dari bahaya tenggelam.

* Potong kuku Bunda supaya tubuh bayi tidak terluka.

* Ciptakan suasana yang gembira misalnya dengan menyanyikan lagu yang lembut.

* Matikan AC, kipas angin dan tutup jendela sebelum memandikannya.

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman