SITE STATUS
Jumlah Member :
484.478 member
user online :
2427 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Beberapa Kemungkinan Yang Muncul Pada Saat Menyusui

   

Beberapa Kemungkinan Yang Muncul Pada Saat Menyusui



Malas minum dan segera jatuh tertidur beberapa menit setelah disusui
Hal yang perlu diketahui adalah bahwa bayi menghabiskan persediaan ASI dalam areola dalam 5 menit saja. Jika bayi ini tidur selam 2-3 jam berarti dia sudah cukup minum. Paling menjengkelkan apabila ia segera bangun dan menangis saat ia diletakkan di tempat tidurnya. Kemungkinan besar ini disebabkan sistem syaraf dan sistem pencernaannya belum mampu bekerja dengan baik. Mungkin kelembutan pelukan dan usapan serta kehangatan tubuh ibu dan payudara di mulutnya, membuat bayi anda mengantuk dan segera tertidur waktu disusui.

Setelah bayi agak besar, seiring dengan perkembangan sistem syaraf dan pencernaannya, maka mungkin ia akan lebih mudah menahan kantuknya sewaktu perutnya masih lapar. Bayi-bayi yang mendapat susu botol pun sering jatuh tertidur waktu diberi minum. Kemungkinan besar dotnya memiliki lubang yang terlalu kecil, sehingga sebelum isi botolnya sudah habis, bayi sudah mengantuk. Bayi yang menemukan bahwa hasil susah payah mereka waktu menghisap ASI tidak begitu banyak, akan mulai mengantuk dan tertidur kembali.

Tipe pemberontak
Jika menemukan bahwa ASI tidak mencukupi kebutuhannya, maka ia bisa berteriak-teriak, meronta-ronta menyentakkan kepalanya dari payudara ibu, kemauan mencoba menghisap lagi, mulai menangis berteriak-teriak lagi, dll. Ibu-ibu yang sedang menyusui anaknya, biasanya memiliki semacam refleks, yaitu ASI akan keluar begitu mereka mendengar bayinya menangis. Sebaliknya, perasaan cemas, gelisah,jengkel dan marah akan menyebabkan ASI berkurang bahkan sama sekali berhenti mengalir. Kalau saja ibu memahami mengapa bayi bersikap seperti di atas, ibu bisa mencari jalan untuk menenangkan dirinya sehingga ASI keluar lebih banyak dan bayi merasa puas.

Tipe sangat santai
Bayi ini mengantuk segera setelah ia mulai disusui dan tertidur sejenak, setelah itu ia mulai bangun lagi, menghisap lagi, dan mengantuk lagi, dan seterusnya. Jika pada akhirnya benar-benar tertidur dan menduga ia belum cukup minum, janganlah anda memaksanya untuk minum lagi dan membangunkannya lagi. Biarkanlah! sebab dengan memaksanya akan menyebabkan dia merasa jengkel dan ia akan bersikap acuh tak acuh setiap kali anda akan menyusuinya.
Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman