SITE STATUS
Jumlah Member :
482.255 member
user online :
2727 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Penyakit Kulit yang Mengganggu

   

Penyakit Kulit yang Mengganggu



Melakukan aktivitas sehari-hari membuat kita berkeringat. Keringat yang menempel pada pakaian bisa menjadi tempat tumbuhnya kuman.  Bila tidak segera mengganti pakaian, kuman bisa menyerang kulit dan menimbulkan berbagai masalah kulit.

Dampak dari penyakit kulit seperti rasa gatal dan tentu saja mengganggu penampilan. Sebagai upaya pencegahan, yuk kenali berbagai penyakit kulit, seperti;

1.     Panu dan Kurap
Panu dikarenakan infeks jamur. Panu hampir sama dengan kurap, bedanya kurap berbentuk seperti cincin yang terkadang berisi cairan, sedangkan panu hanya bercak-bercak putih. Panu dan kurap tumbuh karena kulit tidak bersih. Bercak putih ini bila tidak diobati dapat menyebar seperti pulau-pulau di permukaan kulit. Panu dan kurap akan terasa gatal terutama bila terkena keringat. Bawalah selalu pakaian lebih bila bepergian.

2.     Kudis (Scabies)
Kudis muncul karena tungau bernama  Sarcoptes Scabiei. Tungau ini menimbulkan gatal yang luar biasa pada kulit. Karena sistem imun anak belum cukup kuat, kudis mudah sekali menjangkit anak-anak. Kudis dapat ditemukan pada sela-sela jari tangan, pergelangan tangan dan pinggang. Penyakit kudis ini menular. Penularannya melalui handuk atau pakaian yang dipakai bergantian. Kudis dapat diobati dengan salep khusus kudis. Bila gatal terlalu mengganggu segera ke dokter.

3.     Jerawat
Jerawat mudah sekali tumbuh pada kulit yang berminyak dan kotor. Untuk itu mudah sekali menghindari jerawat, hanya cuci wajah yang bersih. Umumnya jerawat akan berhenti muncul pada usia di atas 25 tahun. Kalaupun ada, tidak sebanyak sebelum 25 tahun. Jerawat ada beberapa jenis; jerawat biasa, jerawat batu dan komedo. Segera ke dokter jika jerawat meradang dan menutupi hampir seluruh wajah.

4.     Alergi (biduran)
Alergi adalah keadaan dimana tubuh seseorang menjadi hipersensitif terhadap bahan-bahan yang umumnya bersifat antigenik atau bisa dikatakan orang tersebut bersifat atopik. Dengan kata lain alergi muncul karena bahan-bahan asing yang untuk sebagian orang mungkin tidak ada reaksi apapun. Efeknya kulit terasa kering, gatal, perih dan bisa tiba-tiba muncul kemerahan. Hindari mandi dengan air terlalu panas dan konsultasikan ke dokter bila alergi sering muncul.  

5.     Vitiligo
Vitiligo kondisi di mana kulit seseorang kehilangan melanin, yaitu pigmen yang menentukan warna kulit, mata dan rambut. Bila melanin mati dan tidak tumbuh lagi maka bisa muncul bercak-bercak putih tidak beraturan di kulit. Biasanya diawali dari bercak kecil yang lama kelamaan membesar. Penderitanya seringkali stress karena bercak ini mengganggu penampilan. Belum ada obat untuk Vitiligo. Hanya ada obat untuk memperlambat penyebarannya.

6.     Psoriasis
Psoriasis adalah penyakit autoimun yang menyerang kulit. gejalanya adalah kulit bersisik berwarna keperakan dan disertai rasa gatal. Bila sisik terlepas akan timbul bintik perdarahan di bawah kulit. Psoriasis bisa muncul di siku, lutut, genital, telapak tangan dan kaki. Sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapat pengobatan segera.
 
Bila Bunda perhatikan, hampir semua penyakit kulit disebabkan oleh minimnya menjaga kebersihan kulit. untuk itu mandilah minimal 2 kali sehari dan bersihkan wajah setelah dari luar dan sebelum tidur.

 

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman