SITE STATUS
Jumlah Member :
481.915 member
user online :
2639 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Cara Memandikan Bayi Baru

   

Cara Memandikan Bayi Baru



Bunda baru paling gemar mencium dan menyentuh kulit bayi yang halus. Kulit bayi akan semakin halus karena berganti setiap 28 hari. Tetapi hati-hati, bila tak dibersihkan dengan benar, sisa-sisa pergantian kulit dapat menjadi tempat menempelnya kuman dan menimbulkan penyakit pada si kecil. Untuk itu, meskipun kulit bayi terlihat tipis dan bersih, tetapi bayi harus tetap dimandikan 2 hari sekali.
Masalah muncul ketika Bunda merasa kurang percaya diri memandikan si kecil. Yuk, intip bagaimana cara memandikan bayi baru yang benar!
Sebelum memandikan bayi sebaiknya Bunda menyiapkan dulu perlengkapan setelah selesai mandi, seperti handuk (dilebarkan), popok, pakaian ganti, minyak telon, kassa steril, alkohol 70%, dan sisir bayi. Dengan begitu ia tidak akan kedinginan setelah selesai mandi.
Ada dua cara memandikan bayi baru; memandikan di tempat datar atau menggunakan bak mandi. Bila Bunda kurang percaya diri memandikannya dalam bak mandi, bersihkan dulu tubuh bayi di permukaan datar dengan alas handuk. Bersihkan lipatan tubuh dengan waslap atau spons lembut. Basuh lembut tubuhnya dengan waslap mulai dari wajah, belakang telinga, leher, lalu turun ke tubuh, tangan dan kakinya. Gunakan waslap lain untuk membersihkan kelamin dan pantat bayi. Usapkan dari arah depan ke belakang, bukan sebaliknya. Untuk membersihkan mata, gunakan kapas yang telah dicelupkan air bersih yang hangat (bukan air panas yang dapat melukai mata). Gunakan kapas baru untuk membersihkan mata lainnya. Pastikan tidak ada kapas yang tertinggal di sekitar mata.
Bila Bunda percaya diri dan berani memandikan bayi ke dalam bak, ikuti langkah-langkah berikut:
1. Isi ¼ bak mandi bayi dengan air hangat-hangat kuku (28-30´é░Celcius). Bila ragu dengan suhunya, Bunda bisa mencelupkan siku Bunda. Bila tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin itu berarti suhu air sudah aman. 
2. Sebaiknya tubuh bayi tidak langsung dimasukkan ke dalam bak. Guyur-guyur kakinya, basahi wajah, kepala dan tubuhnya dengan tangan Bunda. Hal ini supaya si kecil tidak kaget dengan perubahan suhu yang mendadak.
3. pastikan posisi tubuh bayi lebih rendah dari kepala bayi. 
4. Gunakan sabun dan shampoo khusus bayi. Pilih yang menghasilkan sedikit busa. Beberapa bayi mengalami alergi pada produk tertentu. Ada baiknya Bunda membeli produk dengan kemasan kecil terlebih dahulu.
5. bersihkan tubuh mulai dari kepala, belakang telinga, leher lalu turun ke perut, tangan dan kaki. Lalu kelamin dan pantatnya. Bunda bisa membersihkan punggung bayi dengan membalikkan tubuhnya atau bila masih ragu bersihkan dalam posisi bayi menghadap Bunda saja.
6. pastikan tubuh bayi bersih dari sabun sebelum diangkat.
 
Tips:
- matikan Air Conditioner (AC), kipas angin atau tutup jendela supaya bayi tidak kedinginan.
- jangan pernah meninggalkan bayi sendiri di bak mandi ataupun di atas dresser-nya.
- tubuh bayi harus benar-benar kering sebelum dikenakan pakaian bersih.
 
Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman