SITE STATUS
Jumlah Member :
485.621 member
user online :
2031 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Kenali Dua Jenis Kanker Musuh Wanita!

   

Kenali Dua Jenis Kanker Musuh Wanita!



Siapa sih yang tidak tahu betapa bahayanya penyakit kanker? Penyakit ini terkenal paling sering mematikan pasiennya. Dari sekian banyak jenis kanker, ada dua yang paling sering menyerang wanita, yakni kanker serviks dan kanker payudara. Sebagai wanita Bunda perlu mencari informasi sebanyak-banyaknya supaya terhindar dari dua penyakit yang paling ditakuti wanita ini.

Kanker Serviks
Kanker serviks adalah kanker mulut rahim yang 99,7% disebabkan HPV (Human Papilloma Virus). Tidak semua HPV menimbulkan kanker serviks. Ada yang hilang dengan sendirinya karena sistem kekebalan tubuh, ada yang berkembang menjadi kanker serviks. Di Indonesia tercatat lebih dari 15.000 kasus terjadi setiap tahunnya. Selain HPV kanker serviks disebabkan karena radiasi atau pencemaran bahan kimia.
Mengingat kematian yang disebabkan kanker serviks terus meningkat, Bunda perlu melakukan upaya pencegahan, seperti :
• Konsumsi pola makan 4 sehat 5 sempurna. Asam folat dapat mengurangi resiko terkena kanker serviks.
• Hindari merokok dan tempat-tempat yang penuh asap rokok.
• Melakukan hubungan badan hanya pada satu orang saja.
• Bagi yang sudah menikah khususnya bila usia di atas 35 tahun lakukan tes papsmear  secara rutin setiap tahun untuk mendeteksi dini adanya kanker serviks.
• Bila memiliki budget lebih lakukan vaksin kanker serviks (bisa diberikan untuk remaja yang belum menikah).

Kanker Payudara
Seperti namanya, kanker payudara adalah kanker yang menyerang payudara. Umumnya berupa benjolan di payudara yang tidak terasa sakit apabila disentuh dan ditekan. Awalnya benjolan ini terasa kecil namun semakin lama akan semakin membesar. Penyebab pasti kanker payudara sampai sekarang belum diketahui, namun ada beberapa faktor yang meningkatkan resiko kanker payudara seperti faktor genetik, penggunaan hormon estrogen dalam jangka waktu lama, obesitas, konsumsi lemak berlebihan.
Upaya pencegahannya dapat dilakukan dengan melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) secara rutin setelah menstruasi. Caranya dengan memijat, meraba dan melihatnya apakah ada yang mencurigakan. Rabalah sampai ke ketiak. Bila ditemukan benjolan dan tidak terasa nyeri segera lakukan pengecekan ke dokter.


Tips :
-    HPV bisa berpindah melalui kloset umum. Pastikan Bunda membersihkan kloset umum sebelum menggunakannya.

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman