SITE STATUS
Jumlah Member :
481.858 member
user online :
2734 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Berbahayakah 'Tanda Lahir' pada Bayi?

   

Berbahayakah 'Tanda Lahir' pada Bayi?



Bunda pernah melihat tanda atau bercak merah pada kulit bayi yang lebih dikenal dengan tanda lahir? Apakah benar itu hanya tanda lahir atau kelainan?

Tanda merah itu sebenarnya adalah hemangioma atau tumor pembuluh darah. Hemangioma ini dapat muncul di setiap tempat pada permukaan tubuh seperti kepala, leher, muka, kaki atau dada setelah lahir atau beberapa minggu setelah kelahiran.
Secara pasti belum ada penelitian yang membuktikan penyebab munculnya hemangioma. Yang jelas hemangioma terjadi karena kumpulan pembuluh darah yang tidak tumbuh normal.

Beberapa informasi menuliskan hemangioma lebih sering muncul pada bayi perempuan (3:1), lebih sering tampak pada anak kembar dan biasanya ras Kaukasia lebih sering terkena hemangioma daripada ras Asia atau Afrika.

Gejala

Untuk memastikan apakah seorang bayi mengalami hemangioma, perhatikan gejala seperti :
  • Awalnya seperti tanda merah biasa namun pertumbuhannya semakin cepat pada usia 6-12 bulan
  • Pertumbuhan ini akan melambat di usia 1-7 tahun, menciut atau bahkan hilang sama sekali sekitar usia 13 tahun
  • Terkadang hemangioma terasa timbul dan bertekstur (disebut hemangioma stroberi karena berwarna merah layaknya buah stroberi.)

Hemangioma yang tidak terlalu parah dapat memudar bahkan hilang bersamaan dengan bertambahnya usia. Tetapi ada juga yang tidak berkurang bahkan bertambah besar, gelap dan tebal. Hemangioma yang terlalu besar dapat dikurangi dengan sinar laser, pemberian suntikan steroid dan obat minum dari golongan steroid. Pemberian suntikan tidak dilakukan sekali atau dua kali, tetapi beberapa kali tergantung besarnya benjolan. Misalnya hemangioma dengan diameter 3-4 cm bisa disuntikkan 10-20 kali. Bisa juga dilakukan pembedahan bila dirasa perlu.

Berbahayakah?

Umumnya hemangioma tidak berbahaya karena sebagian besar hemangioma akan hilang. Meski pun tidak berbahaya tetapi disarankan periksa ke dokter untuk memastikan tidak ada yang perlu dikuatirkan. Hemangioma memang tidak berbahaya namun pasiennya cenderung rendah diri karena memiliki kelainan secara penampilan. Pada beberapa kasus juga mengganggu penglihatan, pernapasan, pendengaran, cara berbicara dan bergerak.

Selain itu hemangioma bisa terjadi komplikasi bila terjadi pendarahan misalnya karena terlalu sering dipegang-pegang hingga terluka, bila berdarah segera bawa bayi atau anak ke dokter. Biasanya penderita akan diberikan trombosit suspensi sampai trombositnya normal atau di atas 200.000.
Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman