SITE STATUS
Jumlah Member :
484.198 member
user online :
1661 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Dampak Pemanasan Global pada Anak

   

Dampak Pemanasan Global pada Anak



Rasanya hampir semua orang pernah mendengar istilah global warming atau Pemanasan global.

Secara garis besar pemanasan global diartikan sebagai peningkatan suhu di permukaan bumi diakibatkan dari gas-gas rumah kaca yang muncul dari aktifitas manusia. Dampak fenomena pemanasan global ini mempengaruhi kondisi bumi saat ini. Di negara tropis cuaca terasa lebih panas, sedangkan negara dengan iklim dingin terasa semakin dingin. Bahkan gunung es di kutub pun sudah mulai mencair.

Di Indonesia sendiri kita mengalami yang namanya musim kering basah, Maksudnya meski sudah memasuki musim hujan namun ada hari-hari di mana cuaca terasa sangat panas. Ditambah lagi beberapa bencana alam seperti badai atau air pasang dari laut yang berujung pada munculnya penyakit di beberapa tempat.

Hal ini berbahaya untuk kesehatan si kecil mengingat daya tahan anak masih rentan. Berikut beberapa dampak negatif pemanasan global pada anak :
  • Semakin banyak penyakit yang ditularkan melalui perantara hewan, seperti malaria, demam berdarah, demam berdarah dengue, dan chikungunya.
  • Kasus ganguan infeksi pernafasan saluran atas (ISPA) seperti batuk, pilek, penyakit kulit dan gangguan pencernaan semakin bertambah.
  • Penyakit diare semakin merajalela
  • Karena tingginya tingkat polusi udara berdampak pada meningkatnya wanita hamil yang melahirkan bayi premature, lahir dengan berat badan rendah, bahkan kematian.
  • Anak yang semakin banyak menghabiskan waktu di luar ruangan memiliki resiko terserang asma. Hal ini disebabkan suhu udara yang meningkat juga meningkatkan produksi serbuk sari dan sumber alergi udara.
  • Polusi mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anak serta menurunkan kekebalan tubuhnya.
  • Logam berat yang terkandung dalam polusi mengganggu sistem saraf dan memepengaruhi kecerdasan anak.
Mengerikan sekali ya, Bun? Untuk menghindarinya mulailah dengan bersikap ramah terhadap lingkungan. Misalnya tidak membuang sampah sembarangan, menjaga kebersihan lingkungan dan menanam pohon yang bisa mengurangi efek gas rumah kaca.

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman