SITE STATUS
Jumlah Member :
484.082 member
user online :
2410 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

3 Masalah Pencernaan Bunda Hamil

   

3 Masalah Pencernaan Bunda Hamil



Pada trimester pertama kehamilan, masalah pencernaan seperti mual dan muntah memang kemungkinan besar akan terjadi. Hal ini disebabkan meningkatnya kadar hormon dalam tubuh. Selain perubahan hormon, rendahnya kadar gula dalam darah dan penurunan pergerakan lambung juga menjadi faktor penyebab masalah pencernaan Bunda hamil. Berikut 3 masalah pencernaan yang paling sering terjadi pada Bunda hamil.

Mual dan Muntah

Wajar bila Bunda dengan kehamilan di bawah 12 minggu mengalami mual dan muntah. Bunda dianjurkan untuk menambah frekuensi makan setiap harinya. Tetapi ingat, Bun! Menambah frekuensi makan bukan berarti menambah porsi makan. Sebaiknya makan dengan porsi kecil namun sering. Perut yang terlalu penuh akan merangsang terjadinya mual dan muntah. Ada beberapa Bunda hamil yang menjadi tidak nafsu makan atau bahkan takut untuk makan. Sebaiknya Bunda tetap makan dan minum yang cukup. jangan sampai Bunda terkena dehidrasi yang malah membahayakan janin Bunda. Efek yang seringkali muncul karena mual dan muntah adalah detak jantung bisa berdetak lebih cepat hingga 100detakan/menit, tekanan darah dan berat badan menurun, lemas tidak bergairah melakukan aktivitas. Hindari makanan berlemak, sediakan selalu makan kecil yang sehat di dekat Bunda, bila Hipermesis sudah parah sebaiknya Bunda dirawat di rumah sakit supaya asupan cairan terjaga.

Konstipasi
Konstipasi atau sembelit juga kerap kali menyerang Bunda hamil. Konstipasi adalah kondisi dimana Bunda sulit buang air besar  (BAB) hingga kurang dari tiga kali dalam seminggu. Hormon yang tinggi memperlambat gerakan otot pada usus besar sehingga Bunda kesulitan BAB. Memasuki trimester ketiga, janin semakin membesar dan menekan ke usus besar sehingga mengganggu sistem pencernaan Bunda. Beberapa Bunda pasca melahirkan juga dapat mengalami konstipasi akibat episotomi (pengguntingan dan penjahitan kembali bibir vagina). Selalu masukkan sayur dan buah dalam menu harian Bunda untuk menghindari konstipasi yang semakin parah. Jangan menunda BAB, karena akan semakin susah BAB nantinya. Jalan cepat sangat disarankan untuk mengurangi rasa kembung akibat konstipasi. Jangan lupa untuk minum air putih 10 gelas sehari.

Heartburn
Heartburn atau sensasi panas di ulu hati hingga terasa sampai kerongkongan akan muncul pada trimester terakhir kehamilan. Hal ini disebabkan asam lambung yang naik. Asam lambung meningkat karena hormon progesteron yang tinggi. Bila Bunda memiliki penyakit maag sebaiknya Bunda waspada. Jauhkan makanan minyak berlemak, hindari rokok dan kafein. Kurangi makanan yang mengandung gas seperti kol, semangka, selada. Jangan langsung berbaring setelah Bunda selesai makan minimal satu jam.susu hangat atau yoghurt bisa menjadi alternatif mengurangi sensasi heartburn.
Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman