SITE STATUS
Jumlah Member :
480.459 member
user online :
1630 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Kiat Menaikkan Berat Badan Janin

   

Kiat Menaikkan Berat Badan Janin



Saat Bunda harus memeriksakan si kecil dalam kandungan adalah saat yang ditunggu-tunggu. Meski hanya melalui Ultrasonografi (USG) Bunda dapat melihat keadaan janin, termasuk pertumbuhannya. Tanyakan pada dokter berapa berat dan panjang si kecil saat ini? Apakah berat si kecil cukup sesuai dengan usia kehamilan Bunda. Bagaimana bila ternyata berat janin tidak cukup? Apa yang harus dilakukan? Yuk, baca artikel ini!

Perlu Bunda ketahui bahwa cukup atau tidaknya berat badan janin tidak bisa diukur dari berapa banyak pertambahan berat badan Bunda. Bila kenaikan berat badan Bunda sedikit, bukan berarti janin memiliki berat badan yang rendah. Begitu juga dengan besar kecilnya perut Bunda, itu bukanlah suatu patokan berat badan janin.

Faktor Penentu

Bunda harus tahu faktor apa sajakah yang dapat mempengaruhi berat badan janin. Berat badan janin ditentukan oleh beberapa faktor, yaitu
-       Nutrisi Bunda
-       Hormon pertumbuhan janin
-       Penyakit metabolik Bunda
-       Genetik
-       Sistem transfer nutrisi Bunda ke janin

Selain itu gaya hidup yang tidak sehat juga berpengaruh terhadap pertumbuhan janin. Hindari merokok dan minum alkohol. Sebisa mungkin hindari area yang dipenuhi asap rokok. Asap rokok yang terhirup juga berpengaruh terhadap pertumbuhan janin, bukan hanya perokok aktif saja.

Hindari stress karena stress dapat mempengaruhi selera makan Bunda yang juga akan berpengaruhi terhadap asupan nutrisi ke janin. Lakukan rileksasi misalnya pijat khusus ibu hamil, atau lakukan Yoga hamil dengan instruktur dapat membuat Bunda lebih rileks.

Makan Cukup

Bila dokter menyatakan berat badan janin Bunda rendah, bukan berarti Bunda harus makan sebanyak-banyaknya. Ketahui berapa kalori yang dibutuhkan Bunda yang sedang hamil.
-       Trimester 1 dan trimester 2, diperlukan tambahan 150 kkal dari kebutuhan harian Bunda.
-       Trimester tiga, diperlukan tambahan 300 kkal dari kebutuhan Bunda sehari-hari.

Konsumsilah makanan yang mengandung cukup karbohidrat, protein (hewani maupun nabati), lemak, vitamin, mineral, serat dan air.

Makanan yang dapat menambah berat badan janin salah satunya adalah makanan yang berprotein tinggi, kalsium  dan mengandung vitamin C seperti; daging sapi, ayam, biji-bijian, kacang-kacangan, susu, ikan laut, oatmeal, minyak ikan, sayuran dan buah. Untuk camilan Bunda bisa mengonsumsi biskuit, yoghurt, dan es krim.

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman