SITE STATUS
Jumlah Member :
484.382 member
user online :
2143 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Rumput Fatimah, Berbahaya atau Bermanfaat?

   

Rumput Fatimah, Berbahaya atau Bermanfaat?



Sebentar lagi Bunda akan memasuki masa persalinan? Mungkin Bunda akan banyak mendengar saran-saran dari orangtua, teman ataupun saudara untuk mengonsumsi makanan atau minuman tertentu yang bertujuan untuk melancarkan persalinan. Sebelum mengonsumsinya sebaiknya Bunda cek dan ricek kembali, apakah hal itu benar? Apakah benar bermanfaat atau malah membahayakan?

Salah satunya adalah Rumput Fatimah. Rumput Fatimah (Labisa Pumila) adalah tumbuhan semak asal Arab yang dipercaya oleh sebagian orang dapat mempercepat proses persalinan. Biasanya para jamaah haji membeli Rumput Fatimah ini sebagai oleh-oleh dari tanah suci. Tanaman ini dijual dalam keadaan kering, tetapi saat direndam air tanaman ini akan mekar kembali. Air rendaman inilah yang dipercaya dapat mempercepat proses persalinan. Benarkah demikian?

Mengandung Oksitoksin
Rumput Fatimah mengandung Oksitoksin yang memang dapat merangsang kontraksi rahim.  Oksitoksin sama seperti obat induksi yang diberikan untuk merangsang terjadinya kontraksi. Tetapi masalahnya, Bunda tidak pernah tahu berapa dosis Oksitoksin yang dihasilkan dari sekali rendaman air Rumput Fatimah. Bukan hanya itu, semakin lama direndam, kadar Oksitoksinnya akan semakin pekat. Berbeda dengan induksi pemberian dari dokter kandungan. Dokter telah mengetahui berapa dosis yang tepat untuk diberikan. Nah, masalah dosis inilah yang dapat membahayakan janin dan Bunda.

Efek Negatif
Ada beberapa efek negatif yang dapat ditimbulkan akibat mengonsumsi air rendaman Rumput Fatimah, terutama jika diminum saat belum terjadi pembukaan, antara lain:
-    Bila air rendaman Rumput Fatimah diminum saat mulut rahim belum terbuka. Efek kuat dari kontraksi dapat menimbulkan perdarahan hebat.
-    Bunda akan mengalami kontraksi hebat tanpa ada jeda waktu istirahat sedangkan mulut rahim belum terbuka.
-    Meski belum terjadi pembukaan, Bunda akan terus menerus mengejan untuk menahan kontraksi hebat. Hal ini bisa membuat rahim robek.
-    Jika letak plasenta di bawah (Plasenta Previa), kontraksi hebat yang ditimbulkan dapat membuat janin bergerak ke atas sehingga membuat Bunda sesak napas.
-    Perdarahan setelah melahirkan bahkan kematian pada janin.

Ada manfaatnya?
Beberapa orang percaya, air rendaman Rumput Fatimah akan bermanfaat bila diminum saat Bunda telah memasuki bukaan 5-6. Kontraksi hebat yang dihasilkan dapat membantu bukaan lebih cepat. Tetapi banyak yang salah mengerti, air rendaman rumput Fatimah diminum pada saat pecah ketuban dan belum terjadi bukaan. Meski begitu, bila Bunda hendak mengonsumsinya, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter kandungan Bunda. Ditelaah kembali baik buruknya untuk Bunda dan janin.

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman