SITE STATUS
Jumlah Member :
482.170 member
user online :
2256 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Tidur Siang yang Menguntungkan

   

Tidur Siang yang Menguntungkan



Masih ingatkah Bunda, dulu ketika kita masih kecil orangtua sealu mengajak kita untuk tidur siang. Tetapi kini beberapa orangtua tidak lagi melakukan rutinitas ini. Dihentikannya aktifitas tidur siang karena alasan kuatir si anak malah tidak bisa tidur di saat malam. Tapi tahukah Bunda ternyata tidur siang sangat bermanfaat untuk balita.

Tidur yang cukup sangat diperlukan untuk proses pertumbuhan dan perkembangan balita. Berikut beberapa keuntungan mendapat tidur di siang hari :

· Menenangkan
Dr. Brian Crosby dari Pennsylvania State University melakukan penelitian mengenai kaitannya tidur siang dengan perilaku anak. Berdasarkan dari hasil penelitiannya ternyata perilaku anak yang tidak mendapatkan tidur siang cenderung lebih hiperaktif, gelisah dan depresi. Dengan kata lain tidur siang dapat menenangkan psikologis anak.
· Tidak Mudah Marah
Bila si kecil tampak mudah marah, bisa jadi karena terlalu padat beraktifitas hingga melupakan waktu tidur siangnya. Salah satu manfaat tidur siang adalah anak menjadi tidak rewel dan tidak mudah marah.
· Lebih Mudah Menerima Rangsangan

Stimulasi atau rangsangan sangat baik untuk membantu perkembangannya, baik motorik kasar mau pun motorik halusnya. Tidur siang yang cukup dapat membantu meningkatkan memori anak dengan membuat otak kembali fresh setelahnya. Nah, otak yang fresh ini yang membuat anak lebih mudah menerima stimulasi yang diberikan.
· Cepat Tumbuh dan Sehat
Saat tidur siang hormon  pertumbuhan yang disebut human-Growth  Hormone (h-Gh) lebih lancar mengalir dalam darah.  Hormon ini membantu merangsang pertumbuhan tubuh anak.  Maka dapat dikatakan tubuh anak yang mendapat tidur siang akan cenderung lebih tinggi dibanding yang tidak tidur siang. Selain itu tentunya tidur siang yang cukup akan menyehatkan tubuhnya.
 
Sesuaikan Usia
Lamanya waktu tidur siang anak harus disesuaikan dengan usianya karena kebutuhan tidurnya berbeda-beda. Bayi yang berusia di bawah satu tahun biasanya tidak cukup hanya melakukan 1 kali tidur siang. Mereka bisa menghabiskan waktu 2-3 kali tidur siang dalam sehari (total lama tidur 3-4 jam). Untuk batita waktu tidur siangnya dikurangi, 1-3 jam cukup untuknya yang terbagi dalam 2 kali tidur. Sedangkan untuk balita biasanya hanya menghabiskan 1 kali tidur siang selama 1-2 jam.
 
Tips :
-       Buatlah jadwal jam tidur siang yang sama setiap harinya. Sesuaikan durasi tidur dengan usianya. Jangan sampai terlalu banyak jam tidur siangnya yang dapat membuatnya sulit tidur di malam hari.
-       Bila ia sulit tidur, putarlah musik lembut yang menenangkan. Jangan lupa redupkan lampu kamarnya.
Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman