SITE STATUS
Jumlah Member :
482.151 member
user online :
2680 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Manfaat Terapi Pijat untuk Buah Hati

   

Manfaat Terapi Pijat untuk Buah Hati



Kita sebagai orang Indonesia biasanya senang sekali dipijat, tak terkecuali Bunda dan suami di rumah. Tahukah Bunda, ternyata bayi dan balita juga menyukai terapi pemijatan ini, lho.

Tentu saja teknik pemijatan untuk bayi dan balita berbeda dengan orang dewasa. Asalkan dilakukan secara teratur dengan teknik pemijatan yang benar, terapi pijat ini banyak manfaatnya. Pemijatan adalah salah satu stimulasi yang sehat pada semua indera bayi dan balita serta memberikan efek positif, seperti :
Rileks
Setelah dipijat bayi dan balita akan merasa rileks dan ini mempengaruhi kualitas tidurnya yang semakin nyenyak. Waktu tidur Bunda pun tidak terganggu.
-    Nafsu makan bertambah sehingga menambah bobot tubuhnya
Untuk bayi cukup bulan (1-3 bulan) jika mendapat pemijatan 15 menit selama dua kali seminggu dan dilakukan enam minggu berturut-turut berat badannya bisa bertambah melebihi bayi yang tidak dipijat. Bahkan pada bayi yang lahir premature efek pemijatan bisa menaikkan bobot tubuhnya 20-47 % perhari, dengan catatan ia mendapat pemijatan 3 x 15 menit selama 10 hari berturut-turut.
-    Meningkatkan Kecerdasan
Saat pemijatan dilakukan terjadi stimulasi pada indera-indera si kecil yang dapat mengoptimalkan perkembangan otak. Stimulasi ini sangat diperlukan untuk perkembangan otak yang mempengaruhi kecerdasannya.
-    Mengeratkan ikatan kasih sayang antara si kecil dan Bunda
Buah hati akan merasa tenang dan nyaman mendapat sentuhan dan perlindungan dari Bunda. Hal ini mempererat ikatan kasih sayang antara Bunda dan si kecil.

Saat ini sudah banyak klinik pemijatan khusus untuk bayi dan balita. Tetapi alangkah baiknya kalau Bunda menyisihkan waktu memberinya pijatan. Namun, Bunda harus mengetahui dan mengerti tekniknya, seperti :
1.    usapan membuat bayi rileks. Buat usapan sedikit bertenaga dan arahkan ke jantungnya. Usapan dapat dilakukan di area punggung, tungkai dan lengan.
2.    Remasan membuat ototnya kuat dan melancarkan peredaran darahnya. Bisa dilakukan di lengannya. Letakkan tangan sejajar dengan anggota badannya dan mulailah meremas tubuhnya dengan gerakan seperti menggulung.
3.    Urut melingkar. Buatlah lingkaran besar dengan tangan lalu lama-lama mengecil. Teknik urut melingkar ini membuat aliran darah meningkat dan pembuluh darah melebar.

Tips :
-    cucilah tangan sebelum memijat dan potong kuku Bunda. Jangan sampai tubuh si kecil tergores.
-    Pastikan bayi dalam keadaan kenyang
-    Ajaklah si kecil berbicara sebelum memijat, misalnya “hi sayang, sekarang waktunya Bunda pijat yah.”

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman