SITE STATUS
Jumlah Member :
253.407 member
user online :
2413 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Cara Memandikan Bayi Usia 0-12 Bulan

   

Cara Memandikan Bayi Usia 0-12 Bulan



Perlu Bunda ketahui bahwa memandikan bayi bukan hanya untuk membersihkan tubuhnya, tetapi juga membuatnya nyaman. Berikut adalah langkah-langkah memandikan bayi baru lahir hingga usia 1 tahun beserta tips-tipsnya!

1. Siapkan bak mandi berisi air dengan suhu 36-37°C. Pastikan suhu air tidak terlalu panas atau dingin dengan cara mencelupkan siku Bunda sebagai alat ukur. Guyur tubuh bayi terlebih dahulu sebelum memasukkannya ke dalam bak supaya bayi tidak kaget dengan suhu air.
2. Topang leher bayi dengan tangan Bunda saat mencelupkan setengah tubuhnya ke dalam bak. Lingkarkan jari telunjuk dan jempol Bunda di ketiak bayi untuk 'mengunci' bayi dan memberikan rasa aman pada bayi.
3. Bila Bunda merasa takut untuk langsung mencelupkan bayi ke dalam bak, Bunda bisa meletakkan bayi di permukaan datar terlebih dahulu dan membersihkan tubuh bayi dengan waslap lembut yang sudah diberi sabun dan shampoo. Setelah itu baru bilas tubuhnya di bak berisi air.
4. Perhatikan lipatan-lipatan pada tubuh bayi, seperti leher, telinga, lengan, paha, dan area popok. Pastikan semua bagian tubuh bayi tercuci bersih.
5. Untuk membersihkan area kelamin, usap dari arah depan ke belakang, bukan sebaliknya. Hal ini untuk mencegah infeksi saluran kemih pada bayi perempuan.
6. Untuk bayi yang sudah bisa berdiri, tak perlu menggunakan bak mandi. Biarkan ia berdiri dan memegang sesuatu. Jangan lupa untuk 'mengunci' ketiaknya supaya tidak terjatuh bila terpeleset lantai kamar mandi yang licin.
7. Keringkan tubuh bayi dengan handuk yang lembut. Pastikan tidak ada lagi sabun yang menempel pada tubuh bayi.

Kini si kecil sudah bersih dan siap untuk bermain dan tidur nyenyak. Mandikan bayi sehari dua kali untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit bayi.

Tips:
- Gunakan sabun dan shampoo khusus bayi yang tidak pedih di mata dan tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya untuk kulit bayi. Bila kulit bayi merah-merah dengan produk tertentu, hentikan pemakaian.
- Selalu awasi bayi saat mandi dan jangan pernah meninggalkannya sendirian di dalam bak mandi.
- Setelah mandi, berikan pijatan lembut pada tubuh bayi untuk memberikan rasa nyaman dan membantu bayi tidur nyenyak.
- Jangan lupa untuk membersihkan area popok bayi dengan tisu basah atau air hangat setiap kali mengganti popok untuk mencegah ruam popok.
- Pastikan suhu ruangan hangat dan nyaman untuk bayi agar tidak kedinginan saat mandi.

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman