SITE STATUS
Jumlah Member :
476.405 member
user online :
2062 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Makanan & Minuman yang Perlu Dijauhi si Kecil

   

Makanan & Minuman yang Perlu Dijauhi si Kecil



Bayi adalah pemakan segala? Maksudnya bayi tidak pernah menolak bila diberikan makanan atau minuman apapun ke dalam mulutnya. Ia belum bisa merasai layaknya balita dan orang dewasa. Bila ia belum mendapat asupan makanan padat mungkin bunda tak perlu kuatir akan masalah ini, tetapi bagi yang sudah Bunda perlu memperhatikan apa saja yang tidak boleh diberikan, seperti ;

• Daging asap pada hotdog, bologna dan sejenisnya. Kolesterol dan lemak dalam daging asap sangat tinggi, atau bisa jadi daging sudah terkontaminasi bahan kimia.
• Ikan asap. Ikan asap ini diproses dengan menggunakan nitrat untuk menjaganya supaya tetap segar. Jenis makanan ini benar-benar harus dihindari.
• Minuman instant atau kalengan. Minuman dan hidangan penutup kalengan tidak dianjurkan. Selain mengandung gula minuman ini sudah diberi pengawet dan bahan-bahan kimia lainnya. Jangan memilih yang instant, lebih baik blenderkan buah-buahan segar untuknya.
• Teh herbal. Bila ia menyukai teh herbal sungguh itu bukan hal yang unik. Justru sebaliknya hal itu bisa membahayakan dirinya karena beberapa jenis teh herbal mengandung karsinogen yang dapat menyebabkan kanker.
• Menambahkan vitamin tanpa konsultasi ke dokter. Kelebihan vitamin tidak menguntungkan bayi, malah merusak sisitem pencernaan yang belum cukup kuat layaknya orang dewasa. Selain itu asam dari vitamin bisa merusak email giginya.
• Ikan mentah. Giginya belum bisa mengunyah sempurna dan menghancurkan parasit yang terdapat dalam ikan mentah. Hal ini bisa menimbulkan penyakit yang serius di kemudian hari.
• Minuman beralkohol. Memang rasanya aneh memasukkan poin ini ke dalam pembahasan minggu ini, tetapi tak ada salahnya ditambahkan. Meski kebanyakan orangtua memperlakukan yang terbaik untuk buah hatinya tetapi mungkin ada juga yang ingin bereksperimen “Bagaimana bila ia mencoba minuman keras ini?”. Jangan melakukan hal konyol ini, alkohol bisa menjadi racun baginya. Selain itu ia bisa mulai menyukainya.

Jadi, berikanlah hanya minuman dan makanan yang sehat dan bersih. Bila ingin menambahkan sesuatu konsultasikan pada dokternya terlebih dahulu.


Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman