SITE STATUS
Jumlah Member :
484.421 member
user online :
1317 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Kenali, Cegah dan Atasi Anemia

   

Kenali, Cegah dan Atasi Anemia



Anemia atau lebih populer disebut kurang darah terkadang disepelekan oleh sebagian masyarakat. Padahal penyakit ini bisa berakibat fatal bila tidak dicegah dan diatasi dengan benar.
 
Apa Anemia?
Anemia adalah suatu kondisi saat tubuh tidak memiliki sel darah merah yang cukup. Bunda perlu tahu bahwa angka normal sel darah merah atau Hemoglobin (Hb) seorang perempuan berbeda dengan laki-laki. Perempuan memiliki Hb normal 12 sedangkan laki-laki Hb normalnya 14. Nah, seseorang dapat dikatakan anemia bila jumlah sel darah merah atau hemoglobinnya di bawah angka tersebut.
Sel darah merah memiliki fungsi sebagai penghantar oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Maka dari itu tidak heran bila seseorang mengalami anemia ia akan merasa sering pusing, terutama pada saat bangkit dari posisi duduk atau berbaring. Ini dikarenakan asupan oksigen yang tidak tercukupi.
 
Penyebab dan Efek
Penyebab anemia biasanya karena kehilangan darah dalam jumlah yang banyak. Biasanya terjadi karena :
-       Perdarahan yang hebat. Bisa jadi karena menstruasi yang berlebihan, radang lambung, wasir, kanker usus besar, dll. Juga penggunaan obat anti-inflamasi nonsteroid, seperti aspirin atau Motrin.
-       Melahirkan. Pasca melahirkan Bunda bisa terkena anemia karena proses persalinan yang mengeluarkan banyak darah.
-       Pecahnya pembuluh darah karena kurangnya mineral dan dan vitamin.
-       Genetik. Kelainan ini membuat produksi hemoglobin terganggu dan lebih dikenal dengan sebutan thalasemia.
Selain kehilangan banyak darah, asupan gizi juga bisa menjadi penyebab anemia, yakni kurangnya zat besi, vitamin B12, asam folat dan vitamin C.
Efek anemia selain pusing juga menyebabkan penderitanya cepat merasa lelah, kurang tenaga, kepala seperti terasa melayang. Dalam kondisi yang paling buruk anemia dapat menyebabkan penyakit jantung bahkan stroke. Beberapa jenis anemia dapat menimbulkan masalah kesehatan seumur hidup.
 
Pencegahan dan Upaya Mengatasi
Untuk mencegah timbulnya anemia sudah pasti Bunda harus menjalankan pola hidup sehat. Konsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna setiap hari. Jangan lupa lakukan olahraga secara teratur.
Bila sudah terlanjur mengalami anemia maka yang bisa dilakaukan adalah :
-       Menghentikan perdarahan. Kita harus menghentikan jalannya darah keluar. Pada beberapa kasus dokter akan melakukan tindakan operasi.
-       Minum suplemen zat besi pada anemia yang dikarenakan kurangnya zat besi. Bisa juga melalui pemberian suntikan Vitamin B12 untuk jenis anemia pernisiosa.
-       Transfusi darah dilakukan bila ternyata penderita kehilangan darah sangat banyak.
 
Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman