SITE STATUS
Jumlah Member :
482.243 member
user online :
2847 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Cegah dan Obati Sakit Maag

   

Cegah dan Obati Sakit Maag



Orang Indonesia cenderung menyukai makanan pedas. Para penggemar makanan pedas pasti pernah merasakan nyeri atau perih di area perut. Apakah Bunda pernah merasakannya? Bila iya, masyarakat umumnya menganggap itu adalah sakit maag.

Sakit maag yg dianggap oleh masyarakat itu sebenarnya adalah suatu keadaan yang menurut istilah kedokterannya disebut Dispepsia. Dispepsia adalah kumpulan gejala yang terasa pada area ulu hati seperti nyeri, mual dan muntah, perut kembung serta bau mulut yang terasa asam. Bila dibiarkan lama kelamaan gejala-gejala yang tampak ingan ini akan memburuk dan menimbulkan komplikasi lebih jauh seperti tukak lambung dan lainnya.

Pencegahan
Untuk menghindari sakit maag, Bunda harus tahu apa penyebabnya. Makanan pedas memang merupakan salah satu pemicu sakit maag. Tetapi bukan hanya itu. Pola makan yang tidak teratur seperti terlambat makan, pola tidur yang tidak teratur, minuman beralkohol, minuman bersoda, kopi, merokok dan stress adalah penyebab lain sakit maag.

Usahakanlah untuk makan secara teratur. Bila terlambat makan, jangan makan langsung dalam porsi yang besar.

Pengobatan
Pengobatan sakit maag berbeda-beda, tergantung dari penyebabnya. Bila muncul keluhan pada daerah lambung, Antasida dapat mengurangi rasa nyeri lambung. Pada sakit yang berlangsung lama (hingga berbulan-bulan tak kunjung sembuh) dan ada komplikasi,  perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut sesuai kebutuhan seperti pemeriksaan fisik, pemeriksaan laboratorium, endoskopi, scan ultrasonic perut, sinar-X dan biopsi

Selain pengobatan medik ada cara alami yang sering dianjurkan orangtua secara turun temurun. Kunyit dipercaya dapat mengurangi bahkan mengobati sakit maag. Kunyit dapat menetralkan asam lambung yang tinggi. Selain itu kunyit dapat mengobati infeksi pada selaput lendir lambung dan dapat mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan akibat iritasi selaput lendir lambung.

Caranya:
Parutlah kunyit, saring dan  tambahkan air putih supaya air perasan tidak terlalu kental sampai air perasan berwarna kuning bening. Atau bisa juga dilakukan cara lain, yaitu rebus potongan kunyit bersama kayu manis dan tambahkan air sampai air perasan kunyit berwarna kuning bening. Minum airnya.

 

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman