SITE STATUS
Jumlah Member :
484.367 member
user online :
2028 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Stretch Mark dan Kehamilan

   

Stretch Mark dan Kehamilan



Masalah stretch mark atau garis-garis pada kulit biasa dialami oleh Bunda yang tengah hamil. Timbulnya stretch mark ini tentu bisa mengganggu penampilan Bunda. Pada ibu hamil garis-garis ini biasanya muncul di sekitar perut, paha, bokong dan payudara.  Lalu apa penyebabnya dan bagaimana upaya mencegah timbulnya stretch mark ini?

 Apa Faktor Penyebab Stretch Mark?

Stretch mark bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Diantaranya faktor genetik atau keturunan. Bila orang tua Bunda ada riwayat mengalami  stretch mark, maka besar kemungkinan Bunda juga akan mengalami stretch mark.

Selain faktor genetik, berat badan juga bisa menjadi faktor pemicu timbulnya stretch mark. Berat badan yang berlebih dapat menimbulkan stretch mark. Garis-garis pada kulit ini muncul karena pecahnya jaringan kulit disebabkan meregangnya permukaan kulit  dan melemahnya jaringan elastis karena tubuh yang semakin melebar.

Bagaimana Cara MencegahTerjadinya Stretch Mark?

Untuk mencegah terjadinya stretch mark Bunda bisa melakukan upaya sebagai berikut:
 
* Hindarilah peningkatan berat berlebih dalam satu waktu untuk menghindari overstretching dari kulit Bunda.

* Bunda dapat berolahraga secara teratur dan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi seperti buah dan sayur-sayuran untuk menjaga elastisitas kulit.

* Hindari terjadinya dehidrasi dengan minum air cukup (8 gelas sehari).

* Bunda dapat menggunakan body lotion atau pelembab alami sepeti minyak zaitun untuk mengurangi kekeringan pada kulit. Oleskan pelembab 3-4 kali sehari. Pelembab yang berbahan utama cocoa butter or shea butter juga baik untuk mencegah stretch mark.

* Vitamin C juga baik untuk meningkatkan produksi kolagen dan membantu mencegah terjadinya stretch mark pada tahap awal.

Sumber:

-    The American Heritage® Medical Dictionary Copyright © 2007, 2004 by Houghton Mifflin Company. Published by Houghton Mifflin Company.
-    Striae Distensae
Samer Alaiti, MD, Clinical Associate Professor, Department of Dermatology, University of Southern California; Medical Director, Miracle Mile Medical Center for Dermatology and Cosmetic Surgery, Inc
-    Stretch Marks Getting Under Your Skin?
 Dr. Chang is board-certified in internal medicine. She is a member of both the American College of Physicians and the Society of General Internal Medicine.



 
Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman