SITE STATUS
Jumlah Member :
484.150 member
user online :
2421 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Kawat Gigi Solusi Gigi Tak Rapi

   

Kawat Gigi Solusi Gigi Tak Rapi



Beberapa anak memiliki deretan gigi yang tidak rapi dan menumpuk. Bila ini terjadi pada buah hati Bunda, mungkin penggunaan kawat gigi bisa menjadi solusi.
Sekarang ini tidak sulit menemukan orang yang memakai kawat gigi. Mulai dari anak-anak, remaja bahkan sampai orang dewasa menggunakannya. Tentu saja dengan tujuan yang berbeda-beda.
Tujuan kawat gigi adalah untuk merapikan struktur gigi yang tidak beraturan menjadi sempurna. Fungsi kawat gigi ini juga sekaligus memperindah bentuk wajah dan gigi ketika tertawa. Jadi, alasan utama penggunaan kawat gigi ini adalah untuk penampilan (estetis). Biasanya remaja putri akan semakin percaya diri bila giginya terlihat rapi. Meski begitu penggunaan kawat gigi juga ada kaitannya dengan kesehatan. Misalnya bila antara geraham atas dan bawah tidak saling menutup dengan baik maka hal ini bisa mengganggu kemampuan berbicara dan menimbulkan rasa tidak nyaman saat mengunyah makanan.

Batasan Usia & Lama Penggunaan
Pada dasarnya tidak ada batasan usia kapan harus mulai menggunakannya. Pertimbangannya adalah bila pasien memiliki struktur gigi yang menumpuk, berjejal, gigi terlalu panjang, bercelah, gigi terlalu mundur atau terlalu maju. Meski tak ada batasan usia namun bila diketahui gigi tak teratur, penggunaan kawat gigi sejak dini (dianjurkan saat beranjak remaja) akan lebih baik. Karena bila terlalu dewasa hasil yang ingin dicapai kurang maksimal.
Lama penggunaan kawat gigi tidak sama antara pasien satu dengan lainnya, tergantung dari kerusakan yang ada. Sebagai contoh kasus gigi renggang biasanya hanya memerlukan waktu 1 tahun. Namun, untuk gigi yang maju dibutuhkan waktu lebih dari itu.

Tips :
-    Ajak anak membersihkan gigi dengan sikat khusus setelah makan.
-    Jangan menghentikan penggunaan kawat di tengah proses, misalnya karena kendala biaya. Penghentian ini malah akan menambah kerusakan giginya. Sebaiknya pikirkan baik-baik sebelum memutuskan penggunaan kawat gigi.
 
Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman