SITE STATUS
Jumlah Member :
484.013 member
user online :
2333 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Waspadai Hipertensi dari Sekarang!

   

Waspadai Hipertensi dari Sekarang!



Tekanan darah harus selalu dalam angka normal. Bila terlalu rendah akan berdampak buruk, begitu juga bila terlalu tinggi akan menimbulkan masalah. Namun, dengan bertambahnya usia resiko terkena hipertensi (darah tinggi) akan semakin besar. Untuk itu Bunda perlu mengontrolnya mulai dari sekarang.

Apa Hipertensi?
Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyakit umum kardiovaskular. Hipertensi terjadi karena adanya tekanan yang menyebabkan tingginya angka darah.
Seseorang yang hipertensi memiliki resiko lebih besar terkena penyakit jantung dan stroke. Namun sayangnya, beberapa pasien hipertensi tidak menyadari sebelumnya hingga akhirnya sesuatu yang fatal terjadi. Untuk itu sangat penting mengetahui seberapa tinggi tekanan darah kita. Caranya, periksalah secara rutin tekanan darah Bunda!
Sebelum periksa, cari tahu dulu berapa sih tekanan darah yang normal itu. 
Saat kita memeriksakan darah, dokter akan menyebutkan dua angka. Yakni angka sistolik (angka pertama), adalah tekanan ke atas pembuluh arteri akibat denyutan jantung. Sedangkan angka diastolik (angka kedua) menunjukkan tekanan pada saat jantung beristirahat.
Angka yang normal bisa dilihat pada tabel di bawah ini :
 
Penyebab
Hipertensi disebabkan oleh beberapa faktor. Ada faktor yang tidak bisa dihindari dan ada yang bisa dihindari.
-     Keturunan
Faktor ini merupakan faktor yang tidak bisa dihindari. Seseorang yang memiliki garis keturunan hipertensi kemungkinannya menjadi lebih besar. 
-     Usia
Usia juga merupakan faktor yang tidak bisa dihindari. Semakin bertambah usia resiko hipertensi semakin tinggi.
-     Pola makan dan obesitas
Kita dapat mengatur pola makan. Mengurangi garam dan menjauhi makanan berkolesterol tinggi adalah langkah yang tepat. Porsi makan pun perlu dijaga supaya tidak terjadi obesitas (kelebihan berat badan).
-     Rokok, Kafein dan Alkohol
Kebiasaan merokok menimbulkan penyakit jantung dan penyakit yang berhubungan dengan darah. Sedangkan kafein dalam kopi dan teh juga meningkat resiko hipertensi. Alkohol diperbolehkan asalkan maksimal 30ml/hari (pria) dan 15ml/hari (wanita).
-     stress dan kurang olahraga
kondisi emosi yang tidak stabil dapat menyebabkan stress, dan stress ini menyebabkan seseorang hipertensi. Selain itu kurang olahraga dan bergerak juga menjadi salah satu pemicunya.
 
Nah, dengan menghindari faktor penyebabnya kita akan terbebas dari hipertensi.
 
Tips :
-       Bagi penderita hipertensi, lakukan olahraga yang ringan dan tidak membahayakan, seperti berjalan.
-       Yoga dapat dilakukan untuk mengusir stress.
 
 
Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman