SITE STATUS
Jumlah Member :
480.372 member
user online :
1531 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Payudara Kecil Tidak Bisa Berikan ASI?

   

Payudara Kecil Tidak Bisa Berikan ASI?



Seringkali kita mendengar keluhan tentang produksi ASI yang dinilai terlalu sedikit atau bahkan tidak keluar sama sekali, khususnya dari para bunda yang memiliki payudara berukuran kecil.

Lalu bagaimana yang sebenarnya, apakah penyebab muculnya keluhan-keluhan tersebut? Benarkah ukuran payudara mempengaruhi banyaknya ASI yang dihasilkan? Supaya tidak terjadi kesalah pahaman, yuk kita cari tahu penyebabnya!

Menurut dr. Martina Claudia, SpOG dari Siloam Hospital memang secara logika bentuk payudara yang kecil menandakan kelenjar susu yang kecil. Tapi itu bukan berarti bunda yang memiliki payudara kecil tidak dapat memberikan ASI secara optimal.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi produksi ASI, seperti :
  • Gizi
    Apa yang bunda makan sudah pasti mempengaruhi produksi ASI. Pastikan asam folat, protein, kalsium dan zat besi selalu ada dalam menu makanan sehari-hari. Bunda juga perlu mengonsumsi vitamin. Setelah melahirkan disarankan mengonsumsi susu untuk ibu menyusui.
     
  • Psikis
    Stress karena rasa takut dan cemas yang berlebihan menjelang melahirkan bisa menghambat kerja hormon prolaktin (hormon yang merangsang kelenjar air susu), sehingga saat melahirkan produksi ASI berkurang. Dukungan dari suami bisa membuat bunda lebih rileks.
     
  • Perawatan Payudara
    Melakukan perawatan payudara (saat usia kehamilan 6-9 bulan) bisa merangsang kelenjar air susu yang memperlancar ASI nantinya. Selain itu juga melenturkan dan menguatkan puting susu yang bisa memudahkan si kecil menyusu. Ibu bisa melakukan pijat payudara sendiri di rumah asalkan tahu tehnik memijatnya.
Nah, sekarang bunda tidak perlu berkecil hati. Selama tiga faktor di atas diperhatikan dengan baik, maka ASI tetap dapat diproduksi. “Rileks saja dan percaya kalau bunda pasti bisa memberikan ASI untuk buah hati.” pesan dr. Claudia.
Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman