SITE STATUS
Jumlah Member :
484.266 member
user online :
2027 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Berbahayakah Ambeien Saat Hamil?

   

Berbahayakah Ambeien Saat Hamil?



Beberapa Bunda penderita ambeien seringkali merasa khawatir saat hamil, terlebih lagi saat usia kehamilan telah memasuki bulan ketujuh. Bahkan sejumlah pertanyaan seputar penyakit ini sering muncul di beberapa milis ibu hamil, seperti; Apakah ambeien berbahaya untuk janin? Atau dapatkah seseorang dengan keluhan ambeien melakukan persalinan secara normal?

Dr. Andon Hestiantoro, SpOG (K) dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo menegaskan kalau Bunda tidak perlu merasa cemas, karena pada dasarnya ambeien tidak berbahaya bagi janin. Ada beberapa jenis ambeien, ada yang keluar hanya pada saat BAB dan setelah itu dapat masuk kembali ke dalam dubur (dengan bantuan tangan atau pun tidak) ada pula yang sulit masuk kembali. Ambeien bisa dikategorikan berbahaya kalau ia keluar dan terjepit. “Karena kalau terjepit bisa menimbulkan perdarahan.” paparnya. Pada wanita hamil, pembuluh darah akan membesar, maka dari itu rentan sekali terjadi perdarahan.

Dr. Andon berpesan supaya Bunda jangan terlalu kuat mengejan saat BAB. Biasanya kita mengejan kuat disebabkan feses yang keras. Nah, penting bagi Bunda untuk memperhatikan pola makan supaya BAB tidak keras. Hindari makanan pedas dan berminyak, perbanyak makan buah berserat tinggi dan banyak minum air putih. Hati-hati terhadap makanan yang mengandung zat besi yang tidak diolah khusus. Salah-salah malah merangsang ambeien kambuh lagi.

Salah besar kalau ada yang mengatakan ibu hamil penderita ambeien tidak bisa melahirkan secara normal, jalan keluar si kecil dan ambeien saja sudah berbeda. Tapi menurut dr. Andon, dokter kandungan Bunda harus sabar menangani pasien penderita ambeien karena saat proses melahirkan mungkin saja ambeien juga ikut keluar. Ada baiknya Bunda mulai melakukan senam hamil supaya bisa mengatur napas saat persalinan nanti. Jadi... Tidak lagi merasa khawatir kan, Bun.
 
Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman