SITE STATUS
Jumlah Member :
484.002 member
user online :
930 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Jalan - Jalan Selama Masa Kehamilan

   

Jalan - Jalan Selama Masa Kehamilan



Bagaimana dengan masa trimester pertama? Pada masa ini sebagian dari kita mungkin masih mengalami masa penyesuaian, misalnya rasa mual yang berlebihan, mulai ngga tahan bau-bauan yang agak tajam, jadi lebih moody, masa-masa ini juga merupakan masa yang sensitif dimana sebaiknya kita lebih berhati-hati. Sedangkan, masa trimester ketiga, masa ini juga lebih beresiko, bahkan perjalanan melalui udara, pada usia kehamilan tertentu sudah tidak diperkenankan, apalagi untuk mereka yang memiliki resiko mengalami premature. Apa yang harus disiapkan? 

1. Medical wise First of all
Sebaiknya bertanya pada dokter yang bersangkutan terutama untuk mereka yang memiliki masalah dengan kesehatan selama kehamilan, misalnya darah tinggi, diabetis atau masalah kandungan yang lain. Jangan lupa membawa medical record yang kita miliki. Akan lebih baik kalau kita mengenal nama dokter kandungan ditempat tujuan, just in case, kita mengalami masalah dengan kehamilan Persiapkan juga segala sesuatu yang biasa kita gunakan selama kehamilan, misalnya vitamin, susu (sebelum sempat membeli ditempat tujuan) atau obat-obatan ringan, misalnya obat flu, obat diare yang perlu dibawa dan telah dikonsultasikan sebelumnya dengan dokter kandungan anda. Sangat dianjurkan untuk memiliki travel insurance.

2. On the way 
Cek jadwal anda jika anda bepergian dengan kendaraan umum, siapkan kondisi anda jika perjalanan anda mungkin mengalami keterlambatan. Persiapkan barang-barang yang mungkin sering anda gunakan selama perjalanan misalnya obat-obatan, tissue basah atau biskuit ditempat kecil yang terpisah dengan barang bawaan utama anda dan letakkan ditempat yang mudah dijangkau. Pakai selalu seat belt untuk perjalanan dengan mobil atau pesawat udara.Jika anda harus bermalam dikendaraan, mungkin anda ingin membawa baju hangat atau bantal penyangga leher. Jika anda melakukan perjalanan dengan pesawat udara, sebaiknya pesan tempat duduk di dekat jalan (aisle) agar memudahkan anda jika harus sering ke belakang, jika anda ingin makan makanan khusus selama perjalanan, sebaiknya dipesan lebih dahulu, banyak minum air putih atau jus buah agar tidak dehidrasi, untuk perjalanan jauh ada baiknya waspada dengan jetlag, untuk itu sebaiknya makan dikurangi dan jika sampai ditempat tujuan, segera menyesuaikan diri dengan waktu setempat misalnya anda datang di Amsterdam pagi hari pukul 6, walaupun ditempat anda mungkin menunjukkan waktu tidur anda sebaiknya anda jangan tidur, usahakan menyesuaikan diri dengan jadwal yang umumnya anda lakukan pada pagi hari. Jangan lupa sesekali menggerakkan tubuh anda untuk perjalanan jauh, lepas sepatu anda jika perlu. Jika anda pergi dengan mobil sendiri, ada baiknya untuk berhenti dan relaks setelah 2 sampai 3 jam.

3. On the spot 
Pilih tempat liburan yang aman dan relaks untuk anda, jangan lupa dicek apakah ditempat tujuan anda, anda perlu vaksinasi tertentu dan apakah hal tersebut dapat dilakukan selama kehamilan. Untuk kemudahan, pastikan bahwa tempat anda menginap sudah siap misalnya hotel sudah dipesan atau jika tinggal dirumah keluarga, mereka sudah dikabari tentang kedatangan anda. Minumlah selalu air matang dan jangan bersikap terlalu adventurer dengan makanan ditempat tujuan anda, pastikan agar makanan tersebut selalu matang, jangan makan makanan mentah atau setengah matang dan selalu makan dan minum secara teratur. Selamat berlibur !

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman