SITE STATUS
Jumlah Member :
465.118 member
user online :
689 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Ketahui Persiapan Persalinan Normal

   

Ketahui Persiapan Persalinan Normal

Posted:2016-10-05 11:23:46


Bisa melahirkan normal adalah impian setiap Ibu hamil. Selain bisa merasakan perjuangan berat saat melakukan persalinan normal, melahirkan secara normal merupakan proses kelahiran yang disarankan oleh medis. Kelahiran normal dapat dilakukan dengan catatan tidak ada komplikasi pada janin. Bila Bunda berencana melakukan persalinan normal, simaklah poin-poin penting berikut ini:
1. Umumnya persalinan normal menghabiskan waktu 12-14 jam. Tetapi biasanya itu terjadi pada persalinan pertama. Untuk persalinan normal berikutnya, waktunya akan lebih cepat dibanding yang pertama.
2. Proses persalinan ditandai dengan adanya kontraksi. Kontraksi memicu janin menuju ke bawah sehingga siap untuk keluar dari dalam rahim Bunda.
3. Kontraksi yang semakin kuat menimbulkan pembukaan rahim yang makin lama semakin membesar sebagai jalan keluar janin atau bayi. Proses pembesaran jalan keluar janin inilah yang dikenal dengan istilah pembukaan.
4. Pembukaan dimulai dari pembukaan 1 hingga pembukaan 10. Maksudnya 1 di sini adalah 1 cm dan begitu juga 10 maksudnya adalah 10 cm. Semakin lebar pembukaan, kepala bayi semakin terdorong dan siap keluar.
5. Pada pembukaan 1, kontraksi yang dialami biasanya tidak terlalu kuat. Tidak heran, terkadang Ibu hamil tidak menyadari bahwa dirinya mengalami kontraksi.
6. Pada pembukaan ke-10 yaitu pembukaan sempurna Bunda akan merasakan mulas yang sangat kuat. Kepala bayi sudah terlihat dan Bunda akan merasakan kontraksi yang cukup lama, yaitu 2-3 menit.
7. Pada persalinan pertama, bila perlu dokter akan mengambil tindakan perobekkan bagian perineium untuk memudahkan janin keluar. Namun, pada persalinan berikutnya biasanya janin akan mudah keluar tanpa harus dilakukan perobekkan terlebih dahulu.
8. Bila Bunda merasa tegang saat menghadapi persalinan, diamlah sejenak dan katakan dalam hati bahwa Bunda percaya dan yakin Bunda akan mampu melewati peristiwa indah ini. Rasa sakit kontraksi akan hilang seketika saat si kecil lahir ke dunia.
9. Minumlah air putih yang cukup sebelum persalinan untuk menghindari dehidrasi, karena Bunda perlu tenaga yang cukup besar.
10. Bila pembukaan berjalan lambat, Bunda bisa berjalan-jalan supaya janin terdorong ke bawah dan menambah besarnya pembukaan.

Nah Bunda, kini Bunda sudah siap menjalani persalinan normal yang luar biasa itu, bukan? Percayalah bahwa peristiwa melahirkan si kecil tidak akan terlupakan oleh Bunda untuk seumur hidup.

Tips:
- Lakukan latihan pernapasan saat memasuki trimester ketiga. Bunda dapat mengurangi kecemasan melalui olah napas yang benar.
- Pelajari pula tehnik mengejan yang tepat jauh-jauh hari sebelum persalinan.

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman