SITE STATUS
Jumlah Member :
309.927 member
user online :
3249 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Kehamilan

Kenali Tanda - Tanda Keguguran

New Topic :  
26-06-2010 20:13:27 ke: 1
Jumlah Posts : 850
Jumlah di-Like : 15

Keguguran (abortus) adalah “hantu” menakutkan bagi ibu yang memang mengharapkan kehamilannya. Berdoa pada Yang Maha Kuasa sudah seharusnya dilakukan untuk menjauhi kejadian yang tidak diinginkan ini. Tapi itu saja belum cukup. Ibu hamil pun mesti memiliki pengetahuan mengenai tanda-tanda dan penyebab keguguran sehingga dapat melakukan antisipasi dan tindakan penyelamatan sebelum keguguran terjadi.

GEJALA DINI

Ada beberapa tanda yang bisa dijadikan peringatan dini keguguran, setidaknya dengan begitu ibu bisa lebih waspada. Gejala-gejala tersebut adalah:

* Tidak enak badan; merasa lemas atau tidak fit seperti hari-hari sebelumnya

* Perut tidak nyaman, kepala pusing, atau terasa limbung

* Mimisan.

Jika ibu mengalami gejala tadi, beberapa tindakan ini bisa membantu mengatasinya:

- Minum air putih, setelah itu bisa diteruskan dengan minum minuman segar lain, seperti jus.

- Makan makanan bergizi. Jika tidak bisa (karena mual), makanlah buah-buahan segar, biskuit, atau minum susu.

- Hentikan semua aktivitas.

- Lakukan relaksasi (atur napas dan tenangkan pikiran). Kuatkan keyakinan bahwa ibu dapat melalui kondisi ini dengan baik. Berdoalah dan pikirkan hal-hal yang menyenangkan yang akan dilakukan dengan si jabang bayi saat ia lahir nanti.

Jika semua ini tidak membuat kondisi ibu membaik, segera hubungi dokter. Jika Anda diminta datang kontrol, sempatkan diri untuk itu. Saat pemeriksaan, ceritakan apa yang terjadi. Sebaiknya ibu tidak melewatkan satu gejala pun karena anamnesis (mencari keterangan dari pasien) sangat memengaruhi diagnosis. Akan baik bila ibu memiliki buku catatan kejadian dan pengalaman selama kehamilan.

GEJALA UMUM

Ada juga gejala umum keguguran yang memerlukan penanganan medis segera, yaitu:

1. Ibu hamil kehilangan tanda-tanda kehamilan, seperti tegangnya payudara disertai pusing dan tubuh terasa loyo.

2. Nyeri di bagian tengah perut yang bertambah parah dan berlanjut lebih dari sehari.

3. Mengalami kontraksi berlebihan. Cirinya perut mulas dan tegang yang teramat sangat.

4. Perdarahan yang cukup banyak, seperti saat menstruasi atau dalam satu jam bisa menghabiskan lebih dari dua pembalut. Namun waspadai juga keluarnya bercak-bercak darah yang berlanjut terus-menerus (selama lebih dari tiga hari).

5. Ibu mengeluarkan gumpalan berwarna merah muda atau keabuan-abuan dari vagina. Ini bisa diartikan keguguran telah dimulai. Jika ini terjadi di rumah, simpan gumpalan tersebut untuk diperlihatkan kepada dokter. Bukti ini sangat membantu dalam penegakkan diagnosis; apakah ibu hamil hanya mengalami ancaman keguguran atau memang sudah mengalami keguguran. Bila memang sudah jadi, apakah janin sudah keluar sebagian atau sudah lengkap, dan apakah membutuhkan prosedur D&C (Dilation dan Curetage).

6. Punya riwayat keguguran dan saat hamil sekarang mengalami perdarahan atau kejang, atau kedua-duanya.

Bila ibu hamil merasakan satu atau lebih gejala di atas, segeralah datang ke rumah sakit untuk memperoleh perawatan yang semestinya.

TIGA JENIS ABORTUS

Apakah ibu hamil yang mengalami gejala-gejala tadi pasti akan kehilangan calon bayinya? Belum tentu. Perdarahan yang dialami ibu hamil, umpamanya, bisa bukan merupakan tanda keguguran tapi hal lain, seperti letak plasenta yang tidak benar atau karena ibu hamil mengalami trauma.

Abortus sendiri pun digolongkan menjadi tiga; abortus yang mengancam, abortus spontan, serta abortus lanjut.

* Abortus mengancam

Biasanya terjadi di antara kehamilan timester pertama dan kedua awal. Tanda-tandanya; ibu mengalami kontraksi, perdarahan, dan bisa disertai keluarnya cairan. Janin bisa diselamatkan jika masih dalam kondisi baik dan ostium (lubang rahim) belum terbuka. Sebaliknya jika lubang rahim sudah terbuka, dokter tidak bisa berbuat banyak. Kemungkinan yang terjadi adalah abortus spontan.

* Abortus spontan

Yakni keluarnya janin dari dalam rahim sebelum dapat hidup mandiri. Biasanya terjadi di kehamilan trimester pertama atau bahkan sebelum seorang wanita menyadari bahwa dirinya hamil. Dengan kata lain, abortus spontan bisa terjadi tanpa diketahui karena gejalanya mirip haid hanya lebih berat dan lebih terasa tegang. Maka itu waspadai bila ibu mengalami keluarnya bercak-bercak darah yang terus menerus, perdarahan disertai nyeri di bagian tengah perut dan kadang-kadang disertai sakit pinggang serta terdapat bekuan darah.

Penyebab abortus jenis ini adalah kelainan embrio, janin atau plasenta kekurangan hormon, penyakit infeksi yang diderita ibu seperti gondong, cacar air dan campak atau juga reaksi auto-immune dimana sel-sel kekebalan ibu menyerang janin.

* Abortus lanjut

Keluarnya hasil konsepsi yang disebabkan kelainan plasenta dan serviks atau ibu hamil terpapar bahan beracun seperti asap rokok, alkohol dan bahan kimia. Tanda-tandanya sama dengan abortus spontan.

JENIS KEGUGURAN

Istilah keguguran sendiri dibedakan berdasarkan waktu kejadiannya. Disebut keguguran dini jika terjadi sebelum minggu ke-12 kehamilan dan keguguran lambat jika terjadi setelah minggu ke-12. Pembagian lain adalah keguguran penuh dan tidak penuh. Disebut keguguran penuh apabila jaringan janin dan plasenta keluar seluruhnya dari rahim pada saat keguguran. Disebut keguguran tidak penuh jika sebagian jaringan fetus tertinggal dalam rahim.

SIAPA YANG PALING BERISIKO KEGUGURAN?

Risiko keguguran lebih banyak dialami ibu-ibu dengan kondisi:

1. Ketika mengandung berusia lebih dari 33 tahun atau suami berusia lebih dari 53 tahun.

2. Pernah mengalami keguguran lebih dari 3 kali.

3. Pernah melahirkan bayi meninggal atau bayi cacat.

4. Punya keluarga dengan riwayat keguguran.

semoga membantu
dan menambah pengetahuan semuanya

salam

putri a.k.a zach mom's

   
28-06-2010 10:49:30 ke: 2
Jumlah Posts : 18
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda mau tanya..
kalo saya dah telat hampir 3 bulan tapi kemaren cek di dokter yang berbeda.saya di bilang ga hamil.padahal saya ga punya pengalaman telat lama sebelumnya.. saya minta obat biar haid ga dikasih juga.. sedang ke dokter yang pertama pas telat 2 minng saya dinyatai hamil lalu balik lagi kemaren tanggal 18 juni janinnya belum keliatan juga suruh balik lagi tar tanggal 2 juli ini..saya binggung bun sebenarnya saya hamil ga ya? terus masih perlu minum susu dan obat penguat ga yang dari dokter pertama..? saya sedikit putus asa dibilang ga hamil ma dokter yang ke 2. saya ga ngalamin flek,haid selalu teratur sebelumnya... saya harus gimana ya bun?
   
28-06-2010 11:37:14 ke: 3
Jumlah Posts : 1391
Jumlah di-Like : belum ada like
kemungkinan ada gangguan hormon atau ormon tdk seimbang
coba deh cr tempat terapi hormon.
o iya phram dimana ya?
   
29-06-2010 08:30:27 ke: 4
Jumlah Posts : 18
Jumlah di-Like : belum ada like
saya di penjaringan jakut.. terapi hormon adanya dimana ?

   
29-06-2010 18:32:45 ke: 5
Jumlah Posts : 850
Jumlah di-Like : 15
setau saya di RSCM atau RS Asri Duren Tiga

coba di tanyakan dulu saja via telfon

RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo

Jl. Diponegoro No.71 Jakarta Pusat
Jakarta Pusat
DKI Jakarta

Telepon : 391 8301-11
Fax : 3134 8991

RS ASRI
Jl. Duren Tiga Raya No. 20.
Jakarta Selatan.
Tel. 021 799 2211, 021 799 5566.
Fax. 021 7919 8733, 021 7919 8118

semoga membantu

salam

putri a.k.a zach mom's
   
09-07-2010 12:00:35 ke: 6
Jumlah Posts : 1391
Jumlah di-Like : belum ada like
dear bunda...

bunda...aku mau share, tapi maaf ya sebelumnya kalau cerita aku agak "ga enak"...
sekarang ini usia kehamilanku jalan 11 minggu....
tadi pagi sebelum beraktivitas...tiba2 suamiku mengajak "main", ga lama sih bunda kurang lebih 1/2 jam...dan ga sengaja suamiku ( maaf ya..) ngeluarin "nya" didalam....padahal selama ini kalau aku & suamiku "main" selalu dikeluarin diluar, karna aku tau kalau didalam akan ada kontraksi...

Dan waktu aku mau mandi ( bersih2 daerah V )...aku kaget kok ada sedikit gumpalan darah....keluar dari Mrs.V ku...aku jd khawatir bunda takut terjadi apa2 dg janinku... :(
sampai saat ini sih blm ada tanda2 lain seperti rasa sakit perut atau apa...tapi waktu aku mau pipis tadi...ada lendir sperti keputihan..tapi warnanya bening campur krem gitu...

bunda....tolong bantu ya...gimana solusi dan cara mengatasinya supaya tidak berlanjut...karna ini kehamilanku yg pertama & sangat diharapkan keluarga...
trims sebelumnya..

salam,

Indah
   
09-07-2010 15:19:38 ke: 7
Jumlah Posts : 36
Jumlah di-Like : belum ada like
dear Bunda Indah,

saran saya sebaiknya diperiksakan saja ke dr, karena dr lebih tau kondisi bunda dan keadaan "dalam" bunda. Untuk sekedar info sekarang saya sedang mengandung usia 11 minggu, 2 minggu yang lalu pernah mengalami keputihan yang sampai berwarna coklat, karena saya dan suami takut itu flek, kami tanyakan ke dr kami, alhamdulillah ternyata hanya keputihan saja, dan kata dr emang keputihan lama2 akan berwarna kecoklatan. Untuk kasus bunda mungkin beda dengan yang saya alami kemarin, ketakutan bunda disini karena disebabkan  habis "berhubungan" dengan suami, doa saya semoga ketakutan bunda tersebut tidak terjadi, dan baby bunda dalam keadaan sehat wal'afiat.

Salam,
Indi
   
10-07-2010 03:03:05 ke: 8
Jumlah Posts : 850
Jumlah di-Like : 15
@indah
langsung cek dokter aja ya...
takutnya itu adalah flek bisa berbahaya bagi kandungan.
karena lendir yang keluar klo saya pikir itu bukan keputihan deh (bening campur krem)
klo keputihan krem saja.

untuk sekarang lebih baik ibu istirahat dulu jangan stress besok pagi atur jadwal untuk bertemu dengan dsog anda.
minta cek USG, dopler, dan kondisi plasenta
agar tau kondisi janin dan kandungan.
tanyakan juga apakah rahim ibu kuat?jika ML apakah boleh dsb
jangan malu menanyakannya karena wajar untuk ditanyakan.

sebaiknya untuk berhubungan istirahat dulu ya bunda.
suruh suami sabar dulu.
karena usia kehamilan muda itu sangat rentan sekali, temen2 bahkan menyarankan untuk istirahat sampai trimester ke dua.
tapi klo saya ya tergantung kuat tdknya rahim ibu.
karena dr awal kehamilan sampai melahirkan saya dan suami tdk "cuti"
nanti klo ML lg diingat agar tdk dikeluarkan di dalam ya.

semoga hasilnya baik
happy pregnant

salam

putri a.k.a zach mom's
   
15-07-2010 12:03:11 ke: 9
Jumlah Posts : 1391
Jumlah di-Like : belum ada like
Dear bunda....

trimakasih atas masukannya...
tapi saat ini aku ada kabar duka, karena aku sudah positif keguguran
waktu hari sabtu fleknya bertambah....seperti org mens, ketika aku & suami mau ke dokter...ternyata dokternya ga praktek dikarenakan waktu itu hari libur besar ( isra mi'raj ). huuhh...rasanya pingin nangis...karna harus menunggu senin untuk bertemu dg dokteryna....padahal aku sdh khawatir bgt...
dan akhirnya aku periksa ke bidan...dan bidan hanya cek air kencing saja, ternyata masih positif, jadi aku dikasih obat penguat janin aja & di suruh istirahat ( bedrest ).

malamnya aku mulai merasakan mules2...dari bidan jg dikasih obat anti mules sih, tapi aku rasa kok ga reaksi ya....yg aku rasa malah mules...nanti ilang..nanti mules lagi...sampe ga bisa tidur....dan waktu menjelang subuh sekitar jam 4 pagi dini hari, rasa mules itu makin kuat...sampe aku terbangun merasakan seperti org ngompol...dan aku rasa itu air ketuban yg keluar karna ga berwarna...seperti org ngompol aja dikasur gitu...dan saat aku ke kamar mandi untuk cek...ternyata darah semakin mengalir deras..dan aku sudah yakin kalau aku keguguran...  suami ku pun panik bukan main...

ketika sudah pagi..aku & suami langsung ke bidan...dan diperiksa memang sudah keguguran...bidan pun langsung ambil tindakan untuk mengkiret....aku sempat takut  tapi suamiku mendukung & mendampingiku saat itu...aduuuhh rasanya ga kebayang deh...mungkin lebih nikmat melahirkan...karna meskipun sakit ada hasil yg membuat kita senang ( seorang baby ), tapi kalau di kiret..sakitnya memang menyakitkan & meyedihkan... dan sekarang aku benar2 bedrest untuk memulihkan kesehatanku.

saat ini aku & suami mengambil hikmahnya aja dari kejadian ini, mungkin Allah lebih sayang babyku...jadi aku belum diberi kepercayaan & mungkin suatu saat Allah akan memberikan yang terbaik buat kita. amin




   
15-07-2010 12:04:23 ke: 10
Jumlah Posts : 88
Jumlah di-Like : belum ada like
Dear bunda....

trimakasih atas masukannya...
tapi saat ini aku ada kabar duka, karena aku sudah positif keguguran
waktu hari sabtu fleknya bertambah....seperti org mens, ketika aku & suami mau ke dokter...ternyata dokternya ga praktek dikarenakan waktu itu hari libur besar ( isra mi'raj ). huuhh...rasanya pingin nangis...karna harus menunggu senin untuk bertemu dg dokteryna....padahal aku sdh khawatir bgt...
dan akhirnya aku periksa ke bidan...dan bidan hanya cek air kencing saja, ternyata masih positif, jadi aku dikasih obat penguat janin aja & di suruh istirahat ( bedrest ).

malamnya aku mulai merasakan mules2...dari bidan jg dikasih obat anti mules sih, tapi aku rasa kok ga reaksi ya....yg aku rasa malah mules...nanti ilang..nanti mules lagi...sampe ga bisa tidur....dan waktu menjelang subuh sekitar jam 4 pagi dini hari, rasa mules itu makin kuat...sampe aku terbangun merasakan seperti org ngompol...dan aku rasa itu air ketuban yg keluar karna ga berwarna...seperti org ngompol aja dikasur gitu...dan saat aku ke kamar mandi untuk cek...ternyata darah semakin mengalir deras..dan aku sudah yakin kalau aku keguguran...  suami ku pun panik bukan main...

ketika sudah pagi..aku & suami langsung ke bidan...dan diperiksa memang sudah keguguran...bidan pun langsung ambil tindakan untuk mengkiret....aku sempat takut  tapi suamiku mendukung & mendampingiku saat itu...aduuuhh rasanya ga kebayang deh...mungkin lebih nikmat melahirkan...karna meskipun sakit ada hasil yg membuat kita senang ( seorang baby ), tapi kalau di kiret..sakitnya memang menyakitkan & meyedihkan... dan sekarang aku benar2 bedrest untuk memulihkan kesehatanku.

saat ini aku & suami mengambil hikmahnya aja dari kejadian ini, mungkin Allah lebih sayang babyku...jadi aku belum diberi kepercayaan & mungkin suatu saat Allah akan memberikan yang terbaik buat kita. amin

salam,

Indah
   
 page  1  2 Next
atau login dengan Facebook Anda