SITE STATUS
Jumlah Member :
506.417 member
user online :
406 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - penebalan dinding rahim


penebalan dinding rahim
Salam Buk, saya mau nanya, saya mengalami keguguran saat kandungan saya berumur 6 bulan, 2 hari selepas nifas saya datang bulan, selepas itu halangan saya tidak datang hampir 3 bulan, setelah datang, halangan saya sampai 16 hari, setelah saya periksa ternyata penebalan dinding rahim, saya di beri obat, kata ny setelah minum obat tsb darah akan berhenti, setelah 2 hari saya konsumsi darah memang sudah berhenti, pertanyaan saya kapan saya bisa berhubungan intim ? Apa ada pengaruh ke rahim setelah berhubungan ? Terimakasih Buk..
19 Jan 2017, 10:31
Dari : tita pratama

Jawaban
Hi Bunda,

Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " aidha aftani " dengan judul pertanyaan " Berhubungan Setelah Keguguran " pada Tanya Bidan: sore bu bidan,saya mau tanya minggu kemarin saya baru saja keguguran dan hari kemarin itu sudah langsung bersih dan langsung kb apa tidak apa2 klo tidak di usg dulu langsung kb ?? dan setelah kb 3 bulan jarak berhubungan intim kapan di perbolehkan ??
Bidan menjawab
Dear bunda Aidha Aftani,
Turut berduka dengan keadaan bunda. Sebaiknya dilakukan pemeriksaan USG ulang, untuk memastikan keadaan rahim telah bersih dan tidak ada sisa kehamilan. Hubungan intim sudah boleh dilakukan apabila sudah tidak ada darah atau flek yg keluar.

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "desytulusmuria" dengan judul pertanyaan "Penebalan dinding rahim" pada Tanya Dokter: dok kmaren sempat merasakan kram diperut setelah q periksakan ke dokter didiagnosa penebalan dinding rahim.penebalan dinding rahim apa tanda akan ada janin dirahim? dan ciri-ciri orang hamil apakah tiap hari merasakan demam? mohon jawabannya dok,
dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Penebalan dinding rahim atau Endometrial Hyperplasia terjadi jika hormon estrogen lebih dominan daripada kadar hormon progesteron. Hal ini terjadi jika tidak terjadi ovulasi, karena hormon progesteron juga akan meningkat setelah terjadinya ovulasi. Jika setelah ovulasi tidak terjadi pembuahan, maka kadar hormon estrogen dan progesteron akan menurun, dan menurunnya kadar progesteron inilah yang menyebabkan runtuhnya dinding rahim sehingga terjadi menstruasi. Jika kadar hormon progesteron tidak pada normalnya atau tidak ada, maka tidak terjadi menstruasi dan dinding rahim terus menebal.
Bila telah diketahui keadaan seperti ini, maka dokter akan menyarankan terapi yang sesuai dengan keadaan Bunda dan kemungkinan penyebabnya. Terapi seperti penggunaan pil hormonal kombinasi estrogen-progesteron, pemberian hormonal progestin, ataupun mengurangi berat badan bagi wanita yang mengalami obesitas mungkin harus dilakukan.
Mengenai kemungkinan hamil kembali, endometrial hyperplasia memang sering dikaitkan dengan keadaan infertilitas (tidak subur) pada wanita. Namun pemeriksaan terhadap suami juga mungkin dibutuhkan karena kehamilan dapat terjadi jika kedua belah pihak dalam keadaan subur (fertil).


Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Forum
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :