SITE STATUS
Jumlah Member :
506.544 member
user online :
1024 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - menghindari toksoplasma karena kucing peliharaan


menghindari toksoplasma karena kucing peliharaan
siang dok... saya mempunyai hewan peliharaan kucing persia dirumah. saya menikah agustus kmarin dan baru hamil dibulan ini .apakah bahayanya hewan peliharaan terhadap kandungan saya? bagaimana cara penjegahannya dok? soalnya banyak yg bilang wanita tdk boleh pelihara kucing apa lg sedang hamil. mohon infonya dok . terimakasih
07 Oct 2013, 9:20
Dari : Intan Unyuu

Jawaban
Hai Bunda, Berkaitan dengan pertanyaan bunda, bunda dapat berkonsultasi dengan dokter live chat pada link : http://www.infobunda.com/pages/chat/chat.php yang diadakan setiap hari kamis jam 14.00 - 17.00 WIB, tetapi juga bunda akan menemukan beberapa informasi lainnya yang kami sarankan di bawah ini.

Dalam artikel yang saya temukan:
Mendengar kata toksoplasmosis, mungkin membuat Bunda yang tengah hamil merasa khawatir. Wajar saja karena penyakit ini dapat mengancam pertumbuhan janin hingga menyebabkan keguguran. Apa saja yang perlu Bunda ketahui tentang penyakit ini?



Penyebab Toksoplasmosis
Adalah toxoplasma gondii yakni sebuah parasit yang menjadi sumber penyakit ini. Parasit ini bisa berkembangbiak di dalam saluran pencernaan kucing dan ikut keluar bersama fesesnya. Meskipun habitat utamanya ada pada kucing, parasit ini juga dapat ditemukan di beberapa unggas, anjing, babi, kambing maupun sapi. Tidak hanya itu, waspadalah bila mengonsumsi daging yang masih setengah masak karena bisa saja daging tersebut telah terinfeksi parasit toksoplasma.

Infobunda : http://www.infobunda.com/brt/305-Mengenal-Toksoplasmosis.html#ixzz2h73ndUhf

TORCH adalah infeksi yang disebabkan oleh Toksoplasma, Rubella, Cytomegalovirus dan Herpes simplex. Infeksi ini bisa menular dari ibu hamil kepada janin yang dikandungnya.
Adapun perempuan yang berisiko tinggi terpapar infeksi ini adalah:
- Perempuan yang memelihara binatang seperti kucing dan anjing, namun tidak memperhatikan kebersihan binatang peliharaannya tersebut.
- Perempuan yang gemar mengonsumsi sayuran mentah seperti salad, lalapan atau karedok.
- Perempuan yang suka mengonsumsi daging setengah matang.
- Perempuan yang pernah kontak

Bagaimana pencegahan TORCH?
Membiasakan diri untuk mencuci tangan sebelum makan atau setelah kontak dengan kucing atau kotorannya, gunakan sarung tangan ketika membersihkan kandang, memasak makanan sampai matang benar (>66 derajat C), jangan memakan telur mentah atau lalapan mentah yang tidak dibersihkan dengan baik.
Infobunda : http://www.infobunda.com/brt/318-Pentingkah-Tes-TORCH.html#ixzz2h74LVyen

Pada kasus sebelumnya dokter kami mengatakan:
Untuk menghindari tertular penyakit dari binatang peliharaan, maka pastikan bahwa hewan-hewan tersebut diberikan vaksinasi dan rutin dilakukan pengecekan kesehatan oleh dokter hewan. Hindari kontak langsung dengan hewan ataupun kotoran hewan, selalu memakai sarung tangan atau meminta orang lain untuk membersihkan kotoran hewan ketika Anda sedang hamil dan tidak lupa untukm encuci tangan.
Infobunda : http://www.infobunda.com/dokter/5084-Dampak-kucing-dan-rasa-nyeri-di-perut.html#ixzz2h73Krjh4

Apabila anda memelihara kucing, sebaiknya anda berhati-hati, senantiasa mencuci tangan dan tidak bermain dengan kucing anda. Sebaiknya kucing tersebut juga mendapatkan vaksinasi. Anda dapat memeriksakan darah anda untuk mengetahui apakah ada infeksi Toxoplasma yang di tularkan oleh binatang tersebut.
Infobunda : http://www.infobunda.com/dokter/2843-Kucing-dan-kesehatan.html#ixzz2h73Ewzz0

Pada kasus sebelumnya bidan kami mengatakan:
Toksoplasma adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh kotoran hewan yang mengandung oosit, salah satunya yaitu kucing. Cara penularannya adalah bila oosit tersebut tertelan oleh manusia melalui makanan yg telah tercemar. Bila hanya tercium tidak akan menyebabkan terjadinya penularan.
Sebaiknya bunda menjaga kebersihan daerah sekitar rumah dengan membersihkan seluruh tempat yang terdapat kotoran kucing dengan menggunakan desinfektan, menjaga kebersihan diri serta menyimpan makanan dengan menggunakan wadah yang tertutup sehingga tidak tercemar.
Infobunda : http://www.infobunda.com/pages/newforum/posts.php?topic=20392&start=0&topik=tercium-bau-kotoran-kucing,,,,&forum=Diskusi-Bersama-Bidan#ixzz2h73eAl4O
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : Berita
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Forum
Jenis : Berita