SITE STATUS
Jumlah Member :
506.411 member
user online :
373 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - susu asi dan sufor


susu asi dan sufor
siang mau tanya dok asi saya tdkmencukupi utk anak saya jd saya seling dgn sufor. apa tidak apa2 , ada solusi g
19 Sep 2013, 11:50
Dari : Karlina Dwi Sanita

Jawaban
Hai Bunda, Berkaitan dengan pertanyaan bunda, bunda dapat berkonsultasi dengan dokter live chat pada link : http://www.infobunda.com/pages/chat/chat.php yang diadakan setiap hari kamis jam 14.00 - 17.00 WIB, tetapi juga bunda akan menemukan beberapa informasi lainnya yang kami sarankan di bawah ini.

Dalam artikel yang saya temukan:
Pada dasarnya tidak ada ASI yang tidak bisa keluar. Tetapi, produksi ASI tidak hanya dipengaruhi oleh fisik tetapi juga psikis. Stress dan rasa tidak percaya diri akan mempengaruhi produksi Asi. Perlu diketahui, sangat mungkin pengeluaran Asi tidak lancar di minggu pertama. Jangan lantas menyimpulkan ASI tidak keluar dan menghentikan proses menyusui. Produksi ASI bekerja berdasarkan permintaan yang artinya tidak ada permintaan tidak akan diproduksi. Berarti dapat disimpulkan, semakin sering Bunda menyusui atau memerah ASI, maka semakin banyak pula produksi ASI.

Infobunda : http://www.infobunda.com/pages/articles/artikelshow.php?id=394&catid=3&catname=Nutrisi&title=Berbagai-Pertanyaan-Seputar-ASI-(Part-I)#ixzz2fJc2XkqY

Setelah 6 bulan, baru si kecil bisa diberikan makanan pendamping ASI. Di atas usia 6 bulan tentunya kebutuhan gizinya meningkat. Susu formula bisa menjadi pendamping alternatif sebagai asupan nutrisi penggantinya. Ingat, susu formula hanya sebagai pendamping, bukan yang utama. Jadi, pemberian ASI tetap berjalan namun ditambah dengan susu formula. Pemberian ASI ini dapat diteruskan sampai usianya 2 tahun.
Infobunda : http://www.infobunda.com/pages/articles/artikelshow.php?id=340&catid=3&catname=Nutrisi&title=Susu-Formula-Hanya-Sebagai-Pendamping-ASI#ixzz2fJcBxdcF

Pada kasus sebelumnya dokter kami mengatakan:
Untuk memperbanyak dan memperlancar produksi ASI , anda dapat memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:
• Hindari keadaan stress , karena akan menimbulkan kegelisahan bagi anda dan mengurangi produksi ASI anda.
• Minum banyak air, terutama ketika anda sedang menyusui bayi anda.
• Hentikan pemberian susu sebelum bayi anda benar-benar kenyang, sehingga ia akan mau menyusu kembali ketika anda berikan ASI di waktu berikutnya. Salah satu factor dalam produksi ASI adalah rangsangan menyusu dari bayi, apabila bayi anda terlalu kenyang dan tidak mau menyusu, maka tubuh anda akan mulai mengurangi jumlah produksi ASI.
• Berikan pijatan pada payudara anda, ini dapat dilakukan ketika anda sedang mandi ataupun ketika menyusui, hal ini akan memberikan sinyal kepada tubuh anda bahwa bayi sedang menyusu dan akan terus memproduksi ASI.
• Konsumsi makanan bergizi dan menghindari fast food (junk food) serta caffeine. Ganti makanan cemilana anda dengan buah-buahan atau sayuran. Bila perlu, anda dapat mengkonsumsi supplement multivitamin.
Infobunda : http://www.infobunda.com/dokter/3646-Produksi-ASI.html#ixzz2fJbRancA

Pada kasus sebelumnya bidan kami mengatakan:
Sebenarnya produksi ASI tidak akan berkurang, selama bunda sering menyusui langsung dari payudara / putting sering dihisap oleh bayi. Untuk melihat berapa banyak produksi ASI, bunda dapat melakukan pengukuran dengan cara memerah payudara sampai payudara terasa kosong, kemudian ukur berapa banyak ASI yang didapat.
Bila tiap malam bayi sering rewel saat menyusu, mungkin bayi mengalami kolik, bunda dapat membalurkan minyak telon pada perut dan punggungnya kemudian lakukan pemijatan dari punggung sampai bokong.
Usahakan bunda untuk tidak panik, karena selain dapat mengurangi produksi ASI, panik juga dapat membuat bayi tidak nyaman.
Jadikan waktu menyusui sebagai waktu yg menyenangkan.
Infobunda : http://www.infobunda.com/pages/newforum/posts.php?topic=19412&start=0&topik=asi&forum=Diskusi-Bersama-Bidan#ixzz2fJbO7AZG

Apa yang bunda alami adalah hal yang wajar dan tak perlu di khawatirkan, karena sejak awal kehamilan payudara sudah disiapkan untuk proses menyusui nanti, pada saat keguguran, hormon yang bekerja menghambat pengeluaran ASI saat hamil, tiba - tiba turun seiring dengan keluarnya janin dan plasenta, hal ini yang menyebabkan ASI keluar.
ASI biasanya keluar hanya sesaat, biasanya disebabkan karena keadaan hormon belum seimbang.
Infobunda : http://www.infobunda.com/pages/newforum/posts.php?topic=19364&start=0&topik=ASi&forum=Diskusi-Bersama-Bidan#ixzz2fJbbKRnT
Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter