SITE STATUS
Jumlah Member :
484.137 member
user online :
2115 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

berita



Susu Formula yang Dapat Meniru Fungsi Prebiotik ASI

(Posted:2007-03-22 10:47:13)

Dari berbagai pembahasan, baik pada artikel-artikel di www.infobunda.com sebelumnya ataupun dalam beberapa literatur terkait, diketahui bahwa untuk memperoleh formula yang dapat mendukung daya tahan tubuh bayi, pendekatan yang alami adalah dengan meniru fungsi prebiotik di dalam ASI. Prebiotik adalah sumber energi alami untuk bakteri sehat yang ada di usus dan berpengaruh positif pada keseluruhan flora usus. Prebiotik ini selalu ada secara alami di dalam ASI.

ASI, seperti telah kita ketahui, mengandung oligosakarida yang tidak tercerna oleh enzim, sehingga tetap ada sebagai prebiotik di dalam usus. Selanjutnya, prebiotik ini di dalam usus dimetabolisme oleh bakteri ‘baik’ (Bifidobacteria dan Lactobacilli) yang mendominasi saluran cerna pada bayi yang diberi ASI. Bakteri ‘baik’ ini memberi efek menguntungkan terhadap kesehatan karena mendukung fungsi optimal saluran cerna, menurunkan koloni bakteri jahat, dan memperkuat daya tahan tubuh. Dengan demikian, oligosakarida di dalam ASI adalah faktor penting yang bertanggung jawab untuk memperkuat sistem daya tahan tubuh bayi. Oligosakarida mampu memberi pengaruh anti infeksi, karena di dalam saluran cerna berkompetisi dengan patogen. 

Karena itu, apabila ada susu formula yang dapat mengembangkan komposisi unik prebiotik (oligosakarida) dengan meniru efek prebiotik ASI, tentu saja akan sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh bayi. Pasalnya, prebiotik buatan inilah yang akan mampu meningkatkan pertumbuhan bakteri ‘baik’.

Untunglah, setelah melalui masa penelitian yang panjang, dewasa ini telah ada susu formula yang mengandung prebiotik. Kandungannya terdiri dari oligosakarida rantai pendek (GOS) dan oligosakarida rantai panjang (FOS) yang bersama-sama mampu menyerupai fungsi oligosakarida dalam ASI. Susu formula dengan prebiotik ini tidak dapat dicerna enzim dan menjadi makanan untuk bakteri ‘baik’ dalam saluran cerna. Komposisi dan rumusan oligosakarida inilah yang telah dipatenkan dan disebut sebagai “ImmunoFortis TM” yang mampu memperkuat daya tahan tubuh bayi secara alami.

Karena itu, bagi bunda yang telah memberikan susu formula pada buah hatinya, pemilihan susu sebaiknya dilakukan dengan cermat. Cari dan pilihlah susu yang kandungan di dalamnya dapat memperkuat sistem imun bayi. Untuk gampangnya, baca label di kaleng susu, dan carilah istilah “ImmunoFortis TM”. Perhatikan pula dosis pemberian susu agar diperoleh hasil yang optimal. (hannie).

berita lainnya :

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman