SITE STATUS
Jumlah Member :
506.505 member
user online :
1353 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - susah tidur


susah tidur
knp y dok di usia kehamilan 35w saya gampang k pikiran omongan org..kdg sampe gk bs tdur 2 hr...saya takut dok....
11 Apr 2018, 13:24
Dari : Lily Lily Lily

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari Berita yang berjudul " Hamil Tua Alice Norin Susah Tidur " :
Anugerah terindah tengah dirasakan Alice Norin setelah lima tahun menanti buah cintanya Alvin Yudhapatria, kini usia kandungan memasuki trimester akhir. Mengenai kehamilan pertama ini, membuatnya sering keluar masuk toilet, susah tidur dan beberapa keluhan lainnya.

Bintang film Ketika Cinta Bertasbih merasakan lebih sering ke toilet semenjak usia kandungan memasuki tujuh bulan. Ia pun merasakan badannya pegal-pegal terutama bagian pinggang dan mengalami susah tidur lantaran perutnya sudah semakin membesar dan janin selalu bergerak, bahkan jika janin cegukan pun terasa. Saat tidur Ia merasakan sulit bergerak ke kanan atau ke kiri, miring salah, bisanya hanya dalam posisi telentang. Namun dalam laporan penelitian yang dimuat International Journal of Gynecology and Obstetrics, peneliti mengungkapkan bahwa alasannya adalah tidur telentang akan memicu berat lahir bayi menjadi rendah dan lebih berisiko menyebabkan bayi lahir mati. Tidur telentang bisa menyebabkan tekanan pada pembuluh darah utama dan vena cava inferior (pembuluh balik besar bawah) darah bisa meningkat. Tekanan ini bisa menghambat peredaran darah ke tubuh ibu, termasuk ke janin. Begitu pula menurut pedapat ketua tim penelitian di Australia, Dr. Adrienne Gordon dari Royal Prince Alfred Hospital, Sydney, temuan ini sesuai dengan hasil studi sebelumnya yang menunjukkan bahwa tidur telentang dalam waktu lama dapat menghambat aliran darah dari sang ibu ke bayinya. Selain telentang, para wanita hamil juga disarankan untuk tidak tidur miring ke kanan karena kedua posisi itu sama-sama mengurangi suplai darah ke rahim.
Ibu hamil akan disarankan untuk tidur dengan posisi miring ke kiri, karena membantu menjaga rahim dari organ besar yang ada di tubuh. Serta tidur dengan posisi ke kiri juga meningkatkan peredaran darah ke jantung dan aliran darah yang baik ke janin, rahim dan ginjal. Pergeseran posisi saat tidur merupakan bagian yang alami. Jika sudah memasuki usia kehamilan trimester ketiga, pergeseran posisi kadang bisa membangunkan tidur dan membuat rasa tidak nyaman. Wajar bila ibu hamil sulit untuk tidur nyenyak di malam hari karena dapat mengalami berbagai keluhan. Meskipun begitu ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh ibu hamil untuk membantunya tidurnya tetap nyaman, seperti menempatkan bantal di bawah perut, diantara kaki atau dibelakang punggung untuk menjaga posisi dan meringankan tekanan pada perut, lakukan relaksasi sebelum tidur, membiasakan tidur dan bangun tidur di jam yang sama tiap harinya. Hindari minum teh, kopi atau minuman soda karena mengandung kafein. Lakukan olahraga teratur misalnya senam hamil.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " rindu yoveri " dengan judul pertanyaan " efek tidur pagi di uk 37w" pada Tanya Bidan:ass bundaa, nama saya rindu, baru hamil anak pertma, uk 37 w ini udah jarang bisa tudr malam, jadi ngantuk nya pagi kira2 jam 9 ,, kalo tidur pagi kta nya gak baik bunda, apa bner bisa menaikkan drah putih ?? ataw ada efek lain, tolong jwabn nya ya bundaa. maksiii :)

Bidan menjawab
Wa'alaykumussalam bunda Rindu Yoveri,
Larangan tidur siang untuk bumil (ibu hamil) serta bufas (ibu nifas), sebenarnya bukan karena dapat menyebabkan darah putih naik, tetapi dikhawatirkan bunda tidak dapat beristirahat dimalam hari, dan dapat menyebabkan bayi menjadi kurang perhatian. Perubahan hormon selama masa kehamilan menyebabkan bunda merasakan lemah, lelah, letih, dan lesu. Apalagi bila bunda mengalami kurang tidur, dapat berdampak buruk pada kesehatan bunda serta janin. Walaupun tidak dapat membayar hutang tidur malam, namun tidur siang yang cukup dapat mengembalikan energi yang hilang. Sangat disarankan untuk istirahat tidur disiang hari.Sebaiknya mengatur waktu tidur siang, agar tidak mengganggu jam tidur malam, karena tidur siang yang terlalu lama dapat menyebabkan sulit tidur pada saat malam hari.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Enti Silvi Susantie " dengan judul pertanyaan " Menangis saat hamil berdampak pada janin atau tidak ? " pada Tanya Dokter: selamat siang dok , akhir-akhir ini saya sering menangis , apakah berpengaruh pada janin saya ? bagaimana cara menghindari stres dan tidak banyak pikiran ?

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Berbagai pendapat mengenai keadaan psikologis ibunda akan berpengaruh pada keadaan janinnya. Bayi-bayi yang murung dan rewel ternyata berhubungan dengan keadaan suasana hati ibunya ketika mengandung yang juga sering merasa sedih dan merasa tidak aman (misalnya dalam keadaan bahaya atau tertekan). Bunda dapat berbicara secara pribadi pada orang yang Bunda percaya untuk menceritakan keluhan atau kekhawatiran yang menjadi penyebab kesedihan Bunda untuk lebih meringankan beban psikologis. Beri tahu kepada dokter kandungan Bunda bahwa Bunda mengalami hal ini, bila perlu akan dikonsultasikan pada dokter psikiater maupun psikolog untuk hal ini.

Link yang disarankan :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis : Berita
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :