SITE STATUS
Jumlah Member :
498.757 member
user online :
491 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - kehamilan


kehamilan
bolehkah lagi hamil pakai cream Kelly
11 Mar 2018, 21:02
Dari : Resdiana Meriyani

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Rawat Kulit Bunda Selama Hamil " :Meskipun tengah hamil, Bunda pasti ingin tetap terlihat cantik dan terawat. Karenanya, wajar bila Bunda tetap memperhatikan kecantikan dan kesehatan kulit. Namun, berhati-hatilah dalam memilih kosmetik dan produk perawatan kulit. Pasalnya, beberapa jenis kosmetik mengandung zat-zat kimia yang berbahaya bagi perkembangan janin.

Bagaimana cara perawatan kulit yang aman bagi ibu hamil? Berikut tipsnya:
1.Banyak konsumsi air putih agar kelembaban kulit tetap terjaga. Minumlah air putih 6-8 gelas sehari.

2.Bunda bisa melakukan spa khusus ibu hamil. Saat ini banyak tempat spa yang khusus ibu hamil dan pasca melahirkan.

3.Gunakan body butter atau minyak zaitun untuk mengurangi stretch mark. Pilih yang free Parabens.

4.Perbanyak juga konsumsi buah-buahan dan sayuran. Terutama buah yang banyak mengandung vitamin C, karena dapat meningkatkan produksi kolagen.

5.Bunda dapat membuat masker wajah sendiri. Gunakan buah-buahan yang sesuai dengan kebutuhan kulit, misalnya buah irisan lemon untuk kulit wajah yang cenderung berminyak.

6.Kebersihan tubuh juga perlu dijaga. Mandilah 2-3 kali sehari karena tubuh ibu hamil lebih mudah berkeringat dan berminyak. Pastikan juga untuk rajin mengganti baju.

7.Bunda dapat menjaga pH kulit selama hamil. Gunakan pelembab ekstra dengan pH seimbang. Hal ini dapat menjaga kecerahan kulit semasa kehamilan.

8.Kulit kering dan gatal umum terjadi pada ibu hamil. Untuk mengatasinya, gunakan pelembab saat mencuci wajah. Hindari produk anti gatal yang mengandung kartison atau hidrokartison.

Hindari penggunaan produk kecantikan yang mengandung bahan-bahan seperti:
1.Mercury
Produk kecantikan yang mengandung mercury biasanya lebih cepat bekerja. Dalam waktu yang singkat kulit Bunda akan terlihat lebih putih cerah. Namun, zat ini sangat berbahaya untuk kesehatan. Bagi janin yang dikandung, zat ini dapat menyebabkan kerusakan otak, gangguan pada pencernaan, dan ginjal.

2.Ftalatat (Phthalases)
Zat ini biasanya ada pada produk pewangi atau produk kecantikan yang memiliki aroma wangi yang cukup kencang. Contohnya body lotion, parfum, deodoran, cat kuku. Sebaiknya gunakan produk alami tanpa aroma pewangi.

3.Retonoid
Zat ini merupakan turunan dari vitamin A yang berfungsi mempercepat regenerasi sel. Penggunaan dalam dosis tinggi dapat menyebabkan cacat pada janin.

4.Accutane
Hindari obat jerawat yang mengandung accutane. Pemakaian produk yang mengandung zat ini dapat menyebabkan keguguran.

5.Parabens
Hindari menggunakan produk kecantikan yang mengandung pengawet parabens. Meskipun masih dalam perdebatan kebenarannya bahwa senyawa ini dapat menyebabkan gangguan pada alat reproduksi janin laki-laki.

Catatan:
-Perhatikan label kandungan produk kecantikan sebelum memakainya. Pastikan produk tersebut tidak mengandung zat-zat yang berbahaya bagi janin yang Bunda kandung. Konsultasikan pula pada dokter mengenai produk perawatan kecantikan yang aman untuk digunakan.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Umi Choirul Hidayah " dengan judul pertanyaan "Pemakaian Cream Wajah, Berpengaruh Pada Perkembangan Janin??" pada Tanya Bidan:
assalamualaikum,dok maw tanya cream wajah yg bagaimana yg di larang??? atw ingredient apa aja ya dok yg berbahaya??? dn sebelum tw klw sy hamil sy pakai cream dr natasya skin care, itu bahaya ga ya dok???

Bidan menjawab
Wa'alaykumussalam bunda Umi Choirul Hidayah,
Cream wajah yang dilarang untuk digunakan menurut penelitian adalah yang mengandung zat berbahaya, seperti :

1. Mercury : bahan ini memiliki dampak yang buruk terhadap sel - sel syaraf pada janin

2. Hydroguinon : bahan ini mempunyai efek samping timbulkan bercak kemerahan yang menjadi flek hitam, zat ini masih dapat digunakan, akan tetapi tidak untuk penggunaan jangka panjang.

3. Retinoid : bahan ini juga sangat membahayakan janin, karena dapat menyebabkan kelumpuhan pada janin.

Untuk cream dr Natasha skin care, mohon maaf saya kurang paham komposisi / isi dari kream tersebut, yang terpenting saat ini bunda sudah berhenti memakai cream wajah.
Demikianlah jawaban dari saya, semoga membantu.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " astri_kurniawan " dengan judul pertanyaan " Apakah penggunakan kosmetik aman digunakan untuk bumil? " pada Tanya Dokter: Dok, saya bumil yang bekerja di bagian PR, karena tuntutan pekerjaan otomatis sehari-harinya harus menjaga penampilan, jadi penggunaan bedak dan lipstick tidak bisa diabaikan. Yang ingin saya tanyakan apakan penggunaan lipstick setiap harinya selama hamil akan mempengaruhi kondisi janin atau tidak? Mohon diberi penjelasan... Terima kasih

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Berkaitan dengan kandungan kosmetik yang Bunda maksudkan, saya tidak dapat berpendapat karena tidak mengetahui secara pasti tentang kandungan kosmetik tersebut. Saya dapat memberikan saran secara umum mengenai keamanan produk kosmetik bagi ibu hamil secara umum.
Bahan-bahan seperti Differin (adapelene), Retin-A, Renova (tretinoin), Retinoic acid, Retinol, Retinyl linoleate, Retinyl palmitate, Tazorac and avage (Tazarotene), Tretinoin, Beta hydroxy acid, dan BHA biasanya terdapat di dalam berbagai kosmetik pencerah kulit atau pengobatan jerawat harus dihindari. Paraben juga menjadi kontroversi, karena beberapa pendapat sebaiknya menggunakan kosmetik bebas paraben. Dalam jumlah kecil, Salicylic acid biasanya terdapat hampir terdapat pada sebagian besar jenis kosmetik, bila dalam jumlah yang kecil dan tidak terus menerus terpapar kulit, maka aman untuk digunakan. Sebagai pelindung kulit atau sun screen, dapat menggunakan yang berbahan titanium dioxide dan zinc oxide karena tidak menyerap jauh ke dalam kulit. Untuk perlindungan terbaik adalah dengan menghindari sinar matahari sejak pukul 10 pagi hingga 4 sore, gunakan topi dan pakaian yang menutupi kulit agar terhindar dari radiasi. Berbagai jenis kosmetik seperti pewarna kuku, penghapus cat kuku, pewarna rambut, pelurus rambut, maupun pemutih kulit sebaiknya tidak digunakan ketika hamil. Perhatikan petunjuk pemakaian dan peringatan bagi ibu hamil pada setiap produk kosmetik yang ibu hamil gunakan.
Tetap cantik ketika hamil, tentunya dapat menggunakan bahan-bahan alami. Memakai masker buah-buahan yang dibuat sendiri di rumah pada wajah maupun rambut, dapat memberikan nutrisi bagi kecantikan. Buah alpukat, wortel, tomat, minyak zaitun dan madu dapat menjadi bahan alternative alami untuk menjadi masker wajah dan rambut. Perhatikan asupan nutrisi dan cairan agar kulit tetap segar dan bernutrisi.

Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Artikel
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :