SITE STATUS
Jumlah Member :
253.406 member
user online :
4171 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Merawat Kulit saat Hamil dan Pasca Melahirkan

   

Merawat Kulit saat Hamil dan Pasca Melahirkan



Memiliki kulit yang sehat dan cerah adalah dambaan setiap wanita, tak terkecuali Bunda yang sedang hamil. Kulit lebih berminyak, menghitam dan kurang cerah adalah beberapa efek kehamilan karena adanya perubahan hormon tubuh. Hal ini seringkali membuat Bunda hamil kurang percaya diri dan cenderung tidak menikmati kehamilannya.

Sebaiknya Bunda tidak melewati indahnya masa kehamilan yang singkat itu. Jangan biarkan moments indah kehamilan Bunda ternoda karena masalah kulit. Bila Bunda bisa menjaga kesehatan kulit, Bunda tetap bisa menikmati kehamilan tanpa harus merasa rendah diri. Berikut beberapa langkah yang dapat Bunda lakukan untuk menjaga kulit tetap sehat selama hamil dan pasca melahirkan.
1.    Membersihkan wajah
Bunda bisa menggunakan pembersih wajah untuk mengurangi kadar minyak yang berlebih. Pilih pembersih wajah yang tidak mengandung residu atau gliserin. Bila kulit Bunda cenderung kering, hindari penggunaan sabun. Lebih baik gunakan pembersih yang melembabkan kulit. untuk menghindari kulit menjadi kering, jangan membasuh wajah lebih dari dua kali sehari.
2.    Gunakan tabir surya
Gunakan pelembab yang mengandung paling tidak SPF 15 (tabir surya) setiap hari, setidaknya 20 menit sebelum terpapar sinar matahari langsung. Hal ini sebagai upaya untuk menghindari munculnya jerawat dan kehitaman di wajah. Pilih tabir surya yang aman untuk ibu hamil.
3.    Jangan pegang
Sebisa mungkin hindari atau kurangi kebiasaan memegang wajah. Apalagi meremas dan memencet jerawat. Kebiasaan ini dapat menyebabkan infeksi dan akan terjadi jaringan parut.
4.    Kosmetik aman
Bila Bunda cukup sering menggunakan kosmetik, pilih kosmetik yang berbahan dasar air, yang cenderung aman untuk Bunda hamil. Utamakan masker alami seperti masker telur, masker apel atau madu daripada obat-obatan yang mengandung bahan kimia.
5.    Minyak zaitun
Rajin-rajinlah mengoleskan minyak zaitun atau olive oil, terutama di area perut. Minyak zaitun kaya akan vitamin A, B1, B2, C, D, E, K dan zat besi yang membantu menjaga kulit tetap elastis meski terjadi peregangan. Pasca melahirkan Bunda masih bisa terus mengoleskannya untuk menjaga kelembaban kulit.
6.    Nutrisi untuk kulit
Penuhi kebutuhan nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit Bunda. Gandum, apel, jeruk dan kiwi mengandung vitamin C yang berfungsi untuk membentuk kolagen yang dapat menjaga kekencangan kulit.

Tips:
-    Gunakan make-up tipis-tipis saja. Kecantikan alami wanita biasanya akan terpancar saat hamil.
-    Jika wajah terlalu berminyak, gunakan bedak tabur. Sebaliknya, jika kering, gunakan bedak padat.
-    Hindari segala produk pemutih baik lotion, cream wajah atau pun pasta gigi.

 

Artikel Terkait :
Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman