SITE STATUS
Jumlah Member :
508.300 member
user online :
427 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - pake krem temulawak boleh kan ibu hamil


pake krem temulawak boleh kan ibu hamil
selamat siang buk ini saya ibu wina lagi...saya mau tnya boleh kah ibu hamil muda memakai krem siang malam temulawak..dan apa ya buat meringankan rasa mual..saya sudah minta obat mual sama ibu bidan tpi ttp saja..mohon jawaban nya buk.trimakasih
14 Dec 2017, 11:57
Dari : Riwinika Abi

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Rawat Kulit Bunda Selama Hamil " :Meskipun tengah hamil, Bunda pasti ingin tetap terlihat cantik dan terawat. Karenanya, wajar bila Bunda tetap memperhatikan kecantikan dan kesehatan kulit. Namun, berhati-hatilah dalam memilih kosmetik dan produk perawatan kulit. Pasalnya, beberapa jenis kosmetik mengandung zat-zat kimia yang berbahaya bagi perkembangan janin.

Bagaimana cara perawatan kulit yang aman bagi ibu hamil? Berikut tipsnya:
1.Banyak konsumsi air putih agar kelembaban kulit tetap terjaga. Minumlah air putih 6-8 gelas sehari.
2.Bunda bisa melakukan spa khusus ibu hamil. Saat ini banyak tempat spa yang khusus ibu hamil dan pasca melahirkan.
3.Gunakan body butter atau minyak zaitun untuk mengurangi stretch mark. Pilih yang free Parabens.
4.Perbanyak juga konsumsi buah-buahan dan sayuran. Terutama buah yang banyak mengandung vitamin C, karena dapat meningkatkan produksi kolagen.
5.Bunda dapat membuat masker wajah sendiri. Gunakan buah-buahan yang sesuai dengan kebutuhan kulit, misalnya buah irisan lemon untuk kulit wajah yang cenderung berminyak.
6.Kebersihan tubuh juga perlu dijaga. Mandilah 2-3 kali sehari karena tubuh ibu hamil lebih mudah berkeringat dan berminyak. Pastikan juga untuk rajin mengganti baju.
7.Bunda dapat menjaga pH kulit selama hamil. Gunakan pelembab ekstra dengan pH seimbang. Hal ini dapat menjaga kecerahan kulit semasa kehamilan.
8.Kulit kering dan gatal umum terjadi pada ibu hamil. Untuk mengatasinya, gunakan pelembab saat mencuci wajah. Hindari produk anti gatal yang mengandung kartison atau hidrokartison.
Hindari penggunaan produk kecantikan yang mengandung bahan-bahan seperti:
1.Mercury
Produk kecantikan yang mengandung mercury biasanya lebih cepat bekerja. Dalam waktu yang singkat kulit Bunda akan terlihat lebih putih cerah. Namun, zat ini sangat berbahaya untuk kesehatan. Bagi janin yang dikandung, zat ini dapat menyebabkan kerusakan otak, gangguan pada pencernaan, dan ginjal.
2.Ftalatat (Phthalases)
Zat ini biasanya ada pada produk pewangi atau produk kecantikan yang memiliki aroma wangi yang cukup kencang. Contohnya body lotion, parfum, deodoran, cat kuku. Sebaiknya gunakan produk alami tanpa aroma pewangi.
3.Retonoid
Zat ini merupakan turunan dari vitamin A yang berfungsi mempercepat regenerasi sel. Penggunaan dalam dosis tinggi dapat menyebabkan cacat pada janin.
4.Accutane
Hindari obat jerawat yang mengandung accutane. Pemakaian produk yang mengandung zat ini dapat menyebabkan keguguran.
5.Parabens
Hindari menggunakan produk kecantikan yang mengandung pengawet parabens. Meskipun masih dalam perdebatan kebenarannya bahwa senyawa ini dapat menyebabkan gangguan pada alat reproduksi janin laki-laki.
Catatan:
-Perhatikan label kandungan produk kecantikan sebelum memakainya. Pastikan produk tersebut tidak mengandung zat-zat yang berbahaya bagi janin yang Bunda kandung. Konsultasikan pula pada dokter mengenai produk perawatan kecantikan yang aman untuk digunakan.


Kutipan dari Berita yang berjudul " Cara Mengatasi Morning Sickness " :Mual dan muntah di pagi hari alias morning sickness kerap dialami Bunda yang tengah hamil trimester pertama. Faktor pemicunya antara lain karena meningkatnya hormon progesterone maupun serum hcG (human chorionic gonadotropin) di dalam tubuh. Morning sickness merupakan hal yang wajar dialami dalam kehamilan. Malah, beberapa pakar mengatakan semakin Bunda merasa mual, maka semakin kecil risiko Bunda mengalami keguguran atau kelahiran bayi prematur.

Bagaimana Mengatasinya?
Ada beberapa cara untuk menyiasati morning sickness ini, antara lain:
-Konsumsilah makanan sedikit demi sedikit, makan dengan porsi kecil asal sering. Hal ini dapat meminimalisir rasa mual apalagi saat perut Bunda kosong.

-Bunda dapat mencium aroma wewangian seperti minyak lavender atau wewangiaan apapun yang Bunda suka. Hiruplah saat Bunda merasa mual sehingga membuat Bunda lebih rileks.

-Hindari minum saat Bunda tengah makan. Sebaiknya minum satu jam sebelum atau sesudah makan.

-Jahe memiliki rasa pedas yang dapat mengurangi rasa mual. Untuk itu Bunda dapat memasukkan jahe sebagai bahan pembuat makanan atau mengunyah permen jahe dapat dilakukan.

-Mintalah resep vitamin B6 pada dokter kandungan Bunda. Vitamin ini biasanya dianjurkan untuk dikonsumsi bagi ibu hamil trimester awal.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Umi Choirul Hidayah " dengan judul pertanyaan " Pemakaian Cream Wajah, Berpengaruh Pada Perkembangan Janin?? " pada Tanya Bidan:assalamualaikum,
dok maw tanya cream wajah yg bagaimana yg di larang??? atw ingredient apa aja ya dok yg berbahaya??? dn sebelum tw klw sy hamil sy pakai cream dr natasya skin care, itu bahaya ga ya dok???

Bidan menjawab
Wa'alaykumussalam bunda Umi Choirul Hidayah,
Cream wajah yang dilarang untuk digunakan menurut penelitian adalah yang mengandung zat berbahaya, seperti :

1. Mercury : bahan ini memiliki dampak yang buruk terhadap sel - sel syaraf pada janin

2. Hydroguinon : bahan ini mempunyai efek samping timbulkan bercak kemerahan yang menjadi flek hitam, zat ini masih dapat digunakan, akan tetapi tidak untuk penggunaan jangka panjang.

3. Retinoid : bahan ini juga sangat membahayakan janin, karena dapat menyebabkan kelumpuhan pada janin.

Untuk cream dr Natasha skin care, mohon maaf saya kurang paham komposisi / isi dari kream tersebut, yang terpenting saat ini bunda sudah berhenti memakai cream wajah.
Demikianlah jawaban dari saya, semoga membantu.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Mia Z Mustafidah " dengan judul pertanyaan " Kosmetik dan problemnya " pada Tanya Dokter: Selamat pg dok,Saya mau bertanya mengenai seputar kosmetik. 1.Bagaimana cara memastikan keasliaan suatu produk kosmetik yang aman ketika dipndang dr kacamata orang awam? 2.Bagaimana memilih kosmetik yang tepat untuk wajah berminyak? 3.Bagaimana mengatasi komedo yg mngganggu disela-sela hidung?. Terimakasih

dr. Tanti menjawab
dear Mia,
Untuk mengetahui keaslian dan terjaminnya kualitas produk kosmetik maka sebaiknya membeli produk kosmetik teraebut pada toko resminya. Pastikan label, kemasan dan bau maupun konsistensi produk dalam keadaan baik. Simpanlah produk tersebut dengan cara penyimpanan yang dianjurkan dan dalam batas waktu yang telah ditentukan.
Wajah berminyak sebenarnya bukan suatu masalah. Minyak pada wajah berfungsi untuk melindungi kulit dari bahan-bahan, radiasi maupun suhu yang dapat mengiritasi. Timbulnya masalah pada kulit dapat disebabkan oleh faktor-faktor seperti adanya iritasi, alergi, infeksi, maupun pengaruh hormonal. Minyak pada wajah dapat melindungi kulit dari cuaca yang ekstrim maupun melapisi kulit agar tidak iritasi. Meskipun demikian, minyak pada wajah sering dianggap menganggu. Maka itu produk kosmetik ada yang menghindari zat-zat tertentu agar tidak merangsang timbulnya minyak pada wajah dan dikhususkan untuk kulit berminyak ataupun kombinasi.
Bersihkan wajah dengan baik dan tidak berlebihan agar tidak merusak lapisan kulit dan kelembapan alami kulit. Bila kulit terasa berminyak dan mengganggu maka cukup seka dengan kertas tissue atau tissue penyerap minyak wajah. Jaga kebersihan teemasuk kebersihan tangan dan hindari menyentuh wajah. Gunakan produk kosmetik yang ringan (light) untuk kulit berminyak bila perlu, hindari pemakaian kosmetik secara terus menerus.




Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :