SITE STATUS
Jumlah Member :
498.795 member
user online :
932 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - apakah ibu hamil boleh minum obat interxanthin?


apakah ibu hamil boleh minum obat interxanthin?
Haloo dok...,
saya mau tanya, apakah ibu hamil boleh minum obat interxanthin?
soalnya saya dibilangnya obat pengencer darah tapi ternyata saya seacrh di inertnet obat antioxidan tinggi. dan saya liat ibu hamil tidak boleh minum obat ini krn bisa menggagu hormon. saya di resep minum 1x/hr sesudah makan. kehamilan saya hampir memasukki 31minggu dok.. tolong infonya ya dok..
05 Jul 2017, 12:48
Dari : ria_waty86

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari berita yang berjudul " Pengentalan Darah Pada Kehamilan " :Minggu, 14 Desember 2014 merupakan hari bahagia bagi pasangan selebriti Anang Hermansyah dan Ashanty yang telah mendapatkan putri cantik yang diberi nama Arsy Addara Musicia Nurhermansyah.

Sebelumnya Ashanty sempat mengalami keguguran dua kali, setelah memeriksakan ke dokter ternyata ia mengalami pengentalan darah.

Pengetalan darah juga dikenal sebagai sindrom ACA (Antibodi Anticardiolipin) sangat berakibat buruk terhadap kesehatan janin dan juga bisa menyebabkan keguguran secara berulang. Menurut ahli hematologi dan onkologi medik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (FKUI-RSCM) Prof.DR.dr. Karmel Lidow Tambunan, Sp.PD, K-HOM, kondisi darah kental juga dapat menghambat kehamilan pada perempuan. Untuk itulah, ia menyarankan perempuan mengecek kekentalan darah. Ada kemungkinan wanita yang tak kunjung hamil diakibatkan darah yang terlalu kental. Darah dengan kekentalan tinggi menyulitkan asupan makanan melalui plasenta pada janin yang dikandung. Akibatnya, wanita tak kunjung hamil atau mengalami keguguran berulang.

Gejala dari sindrom ACA antara lain sakit kepala, pusing, migrain, pegal-pegal di daerah leher atau tengkuk, tangan sering kesemutan atau merasa baal, pandangan berkunang-kunang, pandangan kabur, daya ingat menurun, sesak nafas, telinga sering mendengung sampai tuli mendadak. Naiknya tekanan darah tanpa sebab yang jelas juga menjadi salah satu gejala sindrom ini. Peningkatan tekanan darah adalah akibat dari pengentalan darah yang menyebabkan aliran darah tidak sempurna. Gejala yang terjadi pada perempuan yang telah menikah antara lain inferliitas primer, keguguran berulang kali, janin meninggal dalam kandungan, bayi yang lahir meninggal, dan preeklamsia.

Penanganan terhadap kasus ACA saat kehamilan memiliki tujuan supaya bayi bisa lahir dengan selamat, mencegah preekslampsia, mencegah terjadinya resiko pertumbuhan yang terhambat, mencegah terjadinya resiko perawatan secara intensif dan kelahiran secara operasi caesar, mencegah kematian pada janin intrauterin, serta yang paling penting untuk keselamatan jiwa sang ibu. Agar tidak terjadi komplikasi yang lebih lanjut, maka sangat diperlukan pemeriksaan secara rutin pada saat kehamilan memasuki trimester pertama dan juga kedua. Kemudian lakukan pemeriksaan setiap 2 kali dalam seminggu bahkan 1 kali dalam satu minggu saat usia kehamilan menginjak 32-34 minggu. Dengan melakukan pemeriksaan yang cukup rutin, maka sangat diharapkan kandungan ibu bisa berjalan sehat serta selamat.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Iche Hartati " dengan judul pertanyaan " Apakah eturol dan interxanthin baik digunakan selama promil " pada Tanya Dokter: Malam dok , pengen tanya saia menikah satu udah 1 thn belum punya anak . pengen banget punya momongan . waktu itu saia udah datang ke doker spog . berhubung mensturasi saia tidak teratur terus di usg kata'y belum terlihat apa2 terus di transvaginal katanya normal . pas saia tanya apa ngga suami juga th dok yg di cek kesuburan dokter bilang ntar aja kalau hari pertama mensturasi datang kesini lagi . pengen'y si hamil . terus dokter ngasih resep eturol dan interxanthin tapi belum sebulan obat itu habis sekitar 2 mingguan tapi saia beli lagi ke apotik tanpa datang ke dokter tadi , tapi ahir2 ini badan terasa lelah pegel2 perut juga kadang keram sperti tanda2 mau mensturasi , pdahal terahir mensturasi tgl 9 november kemaren . saia coba TP hasil'y masih negatif . kenapa ea dok , apakah hal tersebut efek dari obat?

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Sebaiknya tidak menggunakan obat-obatan tanpa nasihat dokter Bunda. Kebetulan kedua jenis terapi yang diberikan dokter Bunda adalah suplemen vitamin E dan anti oksidan. Sebaiknya Bunda kembali pada dokter sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan agar kasus Bunda dapat ditangani dengan baik.


Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis :
Jenis :
Jenis : Berita