SITE STATUS
Jumlah Member :
504.593 member
user online :
223 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Blog -- 3 Hal Untuk Mencegah Terjadinya Berbagai Jenis Gangguan Pencernaan Anak



Blog posted by

3 Hal Untuk Mencegah Terjadinya Berbagai Jenis Gangguan Pencernaan Anak


Blog posted on 09-09-2016

Sedih sekali jika melihat anak mengalami sakit perut. Ia tidak hanya menangis. Ia akan susah tidur, tidak mau keluar rumah untuk bermain, dan tidak mau makan.



Memang ada obat atau ramuan tradisional yang bisa ibu gunakan untuk mengatasi semua gangguan pencernaan anak. Akan tetapi, apakah ibu tega jika si kecil merasa kesakitan?



“Mencegah lebih baik daripada mengobati”. Nasehat yang tak pernah lekang oleh waktu. Dan ada beberapa langkah pencegahan yang bisa ibu lakukan agar si kecil terhindar dari masalah terkait dengan sistem pencernaannya.



Ingin tahu apa saja pencegahan tersebut?



 



Gosok Gigi



Pencegahan yang paling utama bisa dilakukan dengan cara mengajak si kecil menggosok gigi setiap hari. Ibu harus tahu ternyata para pesepakbola professional di Eropa diwajibkan untuk menjaga kesehatan gigi. Dan bahkan, calon pesepakbola di salah satu tim di Eropa tidak akan lolos jika memiliki masalah dengan kebersihan gigi.



Hal ini dikarenakan kebersihan gigi sangat berkaitan dengan performa pemain. Karena jika gigi tidak sehat, maka kemungkinan besar ia akan sering mengalami masalah pencernaan dan hal tersebut akan mempengaruhi performa pemain.



Itulah mengapa penting sekali bagi ibu untuk memastikan si kecil selalu menggosok gigi setiap hari. Pada awalnya susah sekali untuk mengajak si kecil gosok gigi, terutama sebelum tidur.



Akan tetapi, ibu harus mencaritahu bagaimana caranya agar si kecil mau menggosok gigi sebelum tidur. Karena dengan menjaga kebersihan gigi, si kecil akan terhindar dari masalah pencernaan.



Tempat Makan Higienis



Mungkin ibu sudah yakin bawasannya makanan yang ibu berikan kepada si kecil merupakan makanan yang bersih dan sehat. Dengan harapan si kecil tidak sakit perut. Namun, apakah ibu yakin tempat makan yang ibu gunakan sudah higienis?



Ada beberapa kasus di mana anak mengalami diare hanya disebabkan tempat botol susu yang kurang higienis. Dan ini kasus yang paling sering terjadi.



Oleh sebab itu, selain memperhatikan makanan yang si kecil konsumsi, ibu juga harus perhatikan kebersihan tempat makan. Tidak hanya bersih, tempat makan juga harus higienis.



Mengkonsumsi Buah-Buahan



Pemerintah melalui kementrian kesehatan sedang gencar-gencarnya melakukan kampanye agar setiap orang mengkonsumsi buah-buahan setiap hari.



Dan hal ini harus ibu perhatikan. Karena ternyata cara yang paling mudah untuk mencegah gangguan pencernaan pada anak itu dengan mengkonsumsi buah-buahan setiap hari, khususnya buah yang mengandung serat yang tinggi. Kandungan berupa serat bisa menghindarkan si kecil dari segala jenis masalah pada pencernaan seperti diare dan konstipasi.



Tips ini tidak hanya untuk anak kecil saja tapi juga untuk orang dewasa. Banyak orang dewasa yang mengalami konstipasi umumnya disebabkan kekurangan zat gizi berupa serat.



Cukup melakukan tiga hal tersebut. Dan jika diterapkan secara konsisten, maka si kecil tidak akan mudah mengalami masalah pada sistem pencernaannya.



Biarkan si kecil beraktivitas dengan ceria setiap hari. Karena aktivitas yang ia lakukan akan membuat ia berkembang lebih baik.



Untuk memastikan si kecil aktif setiap hari, tentu peran ibu sangat penting, terutama untuk mencegah agar si kecil tidak terkena masalah pencernaan. Oleh sebab itu, tiga tips tersebut di atas bisa ibu terapkan aga si kecil tidak mengalami masalah pada pencernaannya sehingga ia bisa beraktivitas dengan ceria setiap hari.





Ditampilkan sebanyak : 307

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang blog ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman