SITE STATUS
Jumlah Member :
506.527 member
user online :
1058 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Blog -- Manakah Susu Ibu Hamil yang Paling Sempurna?



Blog posted by

Manakah Susu Ibu Hamil yang Paling Sempurna?


Blog posted on 12-08-2016

Sekarang ini banyak beredar susu ibu hamil di pasaran. Banyaknya merk yang sudah beredar di satu sisi mempermudah ibu untuk mendapatkan susu tetapi di sisi lain membingungkan untuk memilihnya.



Banyak ibu hamil yang masih bingung menentukan susu yang tepat untuk dikonsumsi. Sehingga banyak yang mencoba merk satu dan pindah ke merk lainnya. Tindakan itu memang tidak dilarang selama susu yang ibu minum memenuhi nutrisi yang lengkap.



Lalu apa sajakah nutrisi yang harus dipenuhi?



Tidak ada anjuran ibu harus minum susu merk ini dan mengharamkan merk yang itu. Tetapi yang paling penting untuk susu yang harus ibu hamil minum harus mengandung;



Pertama, asam folat tinggi



Zat asam folat harus ada dalam susu untuk ibu hamil muda. Sebab zat ini sangat penting untuk membantu sel janin membelah diri. Untuk itu asam di trimester pertama, ibu hamil sangat dianjurkan untuk makan makanan yang mengandung asam folat tinggi. Asam folat yang dibutuhkan ibu hamil setiap harinya berkisar antar 400-800 mcg.



Kedua, kalsium



Kalsium sangat dibutuhkan untuk perkembangan janin. Kebutuhan ibu hamil akan kalsium berbeda-beda. Untuk ibu hamil usia di atas 24 tahun membutuhkan kalsium sebanyak 1.200 mg. Sedangkan yang lebih muda membutuhkan kalsium 1.200-1.500 mg. Jika kurang dari itu, maka janin akan menyerap kalsium yang berada di tulang ibunya.



Ketiga, zaat besi



Zat besi ini juga sangat penting untuk perkembangan janin dan ibunya. Untungnya setiap merk susu khusus ibu hamil mengandung zat besi. Fungsinya adalah untuk membentuk sel-sel darah merah. Sehingga ibu hamil disarankan untuk memperbanyak konsumsi zat besi agar tidak terkena anemia.



Keempat, DHA



Ini juga sangat penting untuk perkembangan otak janin. DHA mampu membuat otak bayi lebih cerdas.



Kelima, Vitamin A dan D



Vitamin A akan membantu pembentukan pertahanan tubuh dari berbagai infeksi virus. Sedangkan vitamin D berfungsi untuk membantu penyerapan kalsium dalam darah. Sehingga kedua vitamin ini sangat penting untuk perkembangan sel bayi.



Keenam, protein



Susu ibu hamil yang paling bagus adalah susu yang mengandung tinggi protein. Protein sangat dibutuhkan oleh sel janin ibu. Sehingga ibu harus banyak minum atau makan yang mengandung banyak protein. Kekurangan protein akan menyebabkan janin kurang berkembang. 



Selain itu, susu yang ibu konsumsi harus sudah dipasteurisasi. Pastikan ibu membeli susu dengan merk apa saja yang sudah dipasteurisasi. Jika belum, maka jangan langsung diminum. Ibu harus merebusnya terlebih dahulu agar bakteri yang ada di dalamnya mati. 



Susu yang belum dipasteurisasi sangat berbahaya bagi janin ibu. Bakteri yang terkandung dalam susu yang belum dipateurisasi bisa menyebabkan keguguran. Bahkan janin tidak berkembang atau janin lahir mati dan yang lebih parah lagi janin terlahir cacat. Oleh karena itu, jika ibu sering mengkonsumsi susu perahan, sebaiknya ibu merebusnya terlebih dahulu.



Sedangakan susu ibu hamil terbaik adalah susu yang rasanya cocok di lidah ibu. Karena kalau menurut ibu rasanya tidak enak, ibu akan jadi enggan untuk meminumnya. Untuk itu belilah susu yang sesuai selera ibu. Dengan begitu ibu akan rajin meminumnya. 



Jangan sembarangan memilih susu. Perhatikan betul beberapa komponen di atas. Sebaiknya hindari minum susu perasan secara langsung. Dan kalau memilih susu kemasan pastikan ibu membaca dulu kemasannya. Agar susu ibu hamil yang ibu minum benar-benar memenuhi kebutuhan janin dan tubuh ibu.





Ditampilkan sebanyak : 463

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang blog ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman