SITE STATUS
Jumlah Member :
484.146 member
user online :
2374 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Ciri-ciri Anak "Gifted"

   

Ciri-ciri Anak "Gifted"



Pernahkah Bunda mendengar Anak "Gifted" (Gifted Children) ?  Gifted children (GC) atau sering dijuluki dengan anak jenius adalah anak yang mempunyai IQ 140 atau lebih, potensi diatas rata-rata dalam bidang kemampuan umum, akademik khusus, kreativitas, kepemimpinan, seni dan atau olahraga diantara anak-anak seusianya. Sosialisasi mengenai gifted children masih tergolong jarang. 

Pembagian gifted children berdasarkan nilai IQ (Wechelrer Intelligence Score) :
Pembagian                 Nilai IQ
Moderately gifted      130-144
Highly gifted              145-159
Profoundly gifted        >180

Biasanya orang tua mulai dapat mengidentifikasi anak gifted saat mereka berusia antara 4 sampai 8 tahun. Selain itu juga terdapat beberapa karakteristik tertentu yang dapat diamati saat anak berada di rumah (Smutny, 1999):

1. Menunjukkan rasa ingin tahu yang tinggi terhadap banyak hal
2. Memiliki perbendaharaan kata yang banyak dan menggunakan kalimat lengkap saat berkomunikasi
3. Memiliki sense of humor dan berpikir dengan cerdas
4. Menyelesaikan masalah dengan cara yang unik atau tidak biasa
5. Memiliki ingatan yang bagus
6. Menunjukkan bakat yang menonjol dalam seni, musik atau drama
7. Menunjukkan imajinasi yang orisinil
8. Bekerja secara mandiri dan berinisiatif
9. Memiliki minat dalam membaca
10. Memiliki perhatian yang menetap atau keinginan yang menetap dalam tugas yang dikerjakan
11. Merupakan anak yang dapat belajar dengan cepat.

Gifted children pada umumnya sudah terlihat berbeda sejak periode masa bayi. Mereka tampak lebih aktif dan siaga. Selain menunjukkan kemampuan kognitif yang melebihi usia anak sebayanya, mereka lebih peka dalam hal emosional.

Di samping kelebihan, gifted children juga tidak terlepas dari kekurangan seperti risiko gangguan perilaku, yaitu attention deficit hyperactivity disorder (ADHD), autism syndrome disorder (ASD), atau kesulitan belajar.

Agar mendapat hasil yang optimal, diperlukan komunikasi yang baik antara orang tua dengan guru kelas. Orang tua dapat berkomunikasi kepada guru bila tugas sekolah terlalu mudah sehingga guru dapat memberikan tugas yang lebih sulit.

Homeschooling merupakan pilihan lain sebagai sarana pendidikan gifted children. Keuntungan homeschooling adalah program/ materi edukasi yang diberikan disesuaikan dengan kemampuan dan minat gifted children, sedangkan kerugian homeschooling adalah pergaulan gifted children menjadi lebih terbatas.

Bagi para Bunda dan Ayah yang memiliki anak gifted atau pun bukan gifted pada buah hatinya, senantiasa berilah dukungan kepada mereka. Karena dengan memberinya dukungan dalam menyalurkan potensi yang dimiliki mereka, kelak mereka akan menjadi sukses sesuai dengan kemampuan serta keahlian yang mereka sukai dan pilih. 

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman