SITE STATUS
Jumlah Member :
480.514 member
user online :
1783 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Stimulasi si Kecil Berjalan

   

Stimulasi si Kecil Berjalan



Melihat perkembangan buah hati adalah moment yang membahagiakan tetapi sering membuat cemas. Biasanya Bunda akan mulai kuatir bila si kecil belum bisa melakukan sesuatu pada usia tertentu. Seringkali Bunda kuatir, “Sudah satu tahun tapi anakku belum bisa berdiri apalagi berjalan?”.

Berdiri dan berjalan merupakan tonggak perkembangan anak yang mengagumkan selain duduk. Langkah pertama yang bisa ia lakukan tanpa bantuan adalah gerakan awal sebagai bentuk individu yang mandiri. Tidak heran bila Bunda merasa cemas saat si kecil belum juga bisa berjalan. Yuk intip tipsnya.

Perkembangan Anak Unik

Bunda perlu tahu bahwa perkembangan setiap anak itu unik. Bunda tidak perlu membandingkan anak Bunda dengan anak lain karena perkembangan anak satu dengan anak lainnya belum tentu sama. Mungkin keponakan Bunda sudah bisa berjalan pada usia 12 bulan, tetapi anak Bunda yang usianya sama belum pandai berjalan. Sebaliknya, bisa saja perkembangan anak Bunda lebih cepat. Ia sudah bisa berjalan di uisa kurang dari 11 bulan. Hal itu tak perlu dikuatirkan.

Biasanya pada usia 8-9 bulan ia mulai aktif menggapai meja atau kursi untuk menahan berat badannya dan mencapai posisi berdiri yang sempurna. Setelah itu ia akan mulai belajar merambat, menggeserkan kedua tangannya ke samping diikuti dengan langkah kakinya. Otot kakinya akan semakin kuat dan terlatih melangkah. Di usia 11 bulan mungkin ia sudah mampu berdiri sekitar dua detik tanpa berpegangan. Baru pada usia 12-13 bulan setelah ia belajar melangkahkan yang cukup ia akan bisa berjalan tanpa bantuan apapun meskipun masih tidak terlalu seimbang.

Stimulasi

Lalu bagaimana kalau ia belum juga bisa berjalan padahal sudah usia 12-13 bulan?

Jangan langsung berpikir ada yang salah dengan otot kakinya. Ada juga anak yang baru bisa berjalan pada rentang usia 15-18 bulan. Beri ia stimulasi seperti:

-       Gunakan kursi untuk membantunya berjalan. Biarkan ia mendorong kursi dan pelan-pelan melangkah. Pastikan Bunda berada di depan atau belakangnya.

-       Taruh mainan kesukaannya tak jauh dari jangkauannya. Berdirilah di belakang si kecil dan pegang kedua tangannya. Ajak ia untuk meraih mainan di depannya. Ini sering juga disebut mentitah anak.

No Babywalker

Beberapa informasi menyebutkan penggunaan babywalker tidak membantu anak cepat berjalan. Babywalker tidak merangsang otot paha dan kaki dengan baik yang justru malah memperlambat kemampuannya berjalan. Selain itu faktor resiko kecelakaan yang tinggi membuat para ahli menyarankan untuk tidak menggunakanbabywalker.

Tips:

-       Sebelum melatihnya berjalan, jangan lupa ia harus sudah melewati tahap duduk dan berdiri.

-       Latih ia berjalan dengan suasana yang ceria dan gembira.

-       Biarkan ia bertelanjang kaki saat berlatih berjalan.

-       Konsultasikan pada dokter bila di usia 18 bulan ia belum juga bisa berjalan.

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman