SITE STATUS
Jumlah Member :
485.903 member
user online :
2324 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Kenalkan si Kecil Permainan Masa Kecil Bunda!

   

Kenalkan si Kecil Permainan Masa Kecil Bunda!



Masa kanak-kanak adalah masa pembentukan. Oleh karena itu kita juga perlu mengenalkannya permainan tradisional yang menyehatkan, mendidik dan mencerdaskannya. Dalam rangka Hari Anak Nasional pada 23 Juli 2011 nanti, alangkah baiknya bila kita mengenalkan kembali permainan masa kecil kita. Bentengan, Taplak dan Bekel bisa jadi pilihan.
 
Bentengan
Permainan ini terdiri dari 2 kelompok. Setiap kelompok beranggota 4-8 orang. Setiap anggota wajib menjaga bentengnya dari tangan musuh, benteng ini bisa berbentuk pohon, tiang, atau pun pilar. Tujuan utama permainan ini adalah untuk menyerang dan mengambil alih benteng lawan. Bila benteng kita tersentuh salah satu anggota lawan yang berteriak kata “benteng”, maka kelompok kita dinyatakan kalah. Kelompok lawan bisa juga menahan teman-teman anggota kita dengan menyentuhnya. Dan kita bisa membebaskannya kembali, juga dengan menyentuhnya.
Manfaat :
-       Melatih fisik karena memerlukan kecepatan berlari.
-       Belajar mengatur strategi untuk mempertahankan bentengnya.
-       Koperatif.
 
Taplak
Taplak dapat dimainkan di lapangan atau halaman rumah. Kita perlu menggambar arena bermain dengan menggunakan kapur tulis. Gambar 8 kotak dan diakhiri dengan gunungan di atasnya! Cara bermainnya dengan melemparkan batu kecil (misalnya pecahan genteng) ke kotak pertama, lalu pemain harus lompat dengan menggunakan satu kaki sampai ke kotak terakhir, dan kembali lagi untuk mengambil batu yang dilempar tadi. Bila berhasil dia dapat terus bermain sampai ke urutan kotak berikutnya. Bila batu telah sampai pada kotak terakhir, pemain akan mendapatkan bintang dengan cara melemparkan batu dikotak yang diinginkannya. Kotak yang berbintang itu tidak boleh diinjak pemain lawan sehingga cukup menyulitkan lawan. Giliran akan hilang bila batu keluar kotak saat dilemparkan dan bila pemain jatuh sehingga menyentuh atau di luar garis. Pemenangnya adalah yang berhasil mengumpulkan bintang paling banyak.
Manfaat :
-       Melatih fisik dan keseimbangan tubuhnya.
-       Melatih konsentrasi saat melompat dan melempar batu.
 
Bekel
Permainan bekel menggunakan bola berwarna warni yang terbuat dari karet. Bola dimainkan dengan biji khusus (biasanya 6-0 biji) yang terbuat dari kuningan. Permainan ini bisa dimainkan 2 orang atau lebih. Pertama-tama bola dilempar ke atas lalu kita menghamparkan biji-bijinya ke lantai. Setelah bola memantulkan, kita harus menangkapnya kembali dan mengambil biji-biji itu. Setelah semua biji terambil kita hamparkan lagi dan mengubahnya menjadi beberapa posisi. Urutan posisinya yakni pit (posisi kursi), ro (posisi terbalik), cin (menyamping pada permukaan yang licin) dan peng (menyamping pada permukaan yang bopeng). Kita akan kehilangan giliran bila bola tidak tertangkap, tangan terkena biji lain saat mengambil, biji tidak terambil atau kita gagal mengubah posisi biji. Yang berhasil mencapai tingkat paling tinggi dialah pemenangnya.
Manfaat :
-       Melatih motorik kasar (terutama jari-jari tangannya).
-       Mengasah kemampuan koordinasi mata dan tangannya.
-       Belajar memprediksi dan membuat strategi untuk menghindari, merubah dan mengambil biji-biji.
 
Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman