SITE STATUS
Jumlah Member :
484.138 member
user online :
2245 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Sel Telur Kecil dan Tidak Matang

   

Sel Telur Kecil dan Tidak Matang



Beberapa pasangan akhirnya berkonsultasi ke dokter karena belum mendapatkan momongan meski usia pernikahan sudah lama. Salah satunya yang sering terjadi karena sel telur Bunda yang berukuran kecil. Mengapa sel telur bisa kecil dan bagaimana cara mengembalikannya ke ukuran normal? Berikut poin-poin yang harus Bunda perhatikan:

1. Sel telur yang kecil dan tidak berkembang atau istilah medisnya disebut Ovarium Polikistik dikarenakan adanya ketidakseimbangan hormon-hormon reproduksi seperti Estrogen, Testosteron, Prolaktin.

2. Sel telur yang kecil menyebabkan sel telur tidak matang sehingga tidak dapat dibuahi sperma.

3. Jika tidak segera diobati kualitas sel telur bisa semakin menurun. Konsultasikan pada dokter tahapan apa yang harus Bunda lakukan untuk mengobatinya.

4. Biasanya dokter akan melakukan terapi kesuburan melalui obat-obatan, seperti Metformin, Clomiphene Citrate, Gonadotropin Korionik (HCG).

5. Gejala Ovarium Polikistik yang sering muncul yaitu mens yang tidak teratur. Bila mens Bunda tidak teratur meski tidak sedang program hamil, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter kandungan Bunda.

6. Terapi kesuburan dapat berhasil dalam beberapa bulan, tetapi ada juga yang bertahun-tahun. Jangan membandingkan kasus Bunda dengan wanita lain, karena kondisi ketidakseimbangan hormon seseorang berbeda-beda.

7. Pasien Ovarium Polikistik biasanya bertubuh gemuk sehingga keseimbangan hormon terganggu. Jaga berat badan Bunda. Ikut diet seimbang yang sehat. Bila perlu konsultasikan dengan ahli gizi.

8. Terapi kesuburan akan maksimal jika Bunda mengubah pola hidup Bunda. Konsumsilah makanan yang lebih sehat, hindari makanan instant, hindari asap rokok dan alkohol, serta berolahraga secara teratur. Hal-hal di atas dapat membantu terapi kesuburan yang Bunda lakukan.  

9. Penderita sel telur kecil bukan tidak mungkin hamil. Kehamilan bisa saja terjadi, terlebih lagi bila terapi kesuburan dijalani dengan baik dan ukuran sel telur mulai membesar. Jadi jangan patah semangat ya, Bun!

10. Untuk memeriksa apakah terapi kesuburan berhasil membuat sel telur membesar, dilakukan USG Transvaginal. Bila besar sel telur belum cukup besar, jangan putus asa, teruslah berusaha dan berdoa.

Nah, Bunda. Lakukan terapi kesuburannya dengan baik ya dan semoga si kecil segera hadir ke tengah keluarga Bunda. 

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman