SITE STATUS
Jumlah Member :
484.216 member
user online :
2529 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Ganguan Menstruasi Penyebab Sulit Hamil?

   

Ganguan Menstruasi Penyebab Sulit Hamil?



Kebanyakan wanita mengeluh saat gangguan menstruasi menyerang. Gangguan yang paling umum dikeluhkan selain masalah temperamen yang sulit dikontrol, adalah siklus haid yang tidak teratur dan nyeri di sekitar perut. Bagaimana dengan Bunda? Apakah Bunda juga mengalaminya?

Bila Bunda juga mengalaminya dan kebetulan hingga kini Bunda belum hamil, besar kemungkinan Bunda akan mengaitkan dua hal tersebut. Tetapi apakah benar gangguan menstruasi membuat Bunda sulit hamil?

Macam-macam Gangguan Menstruasi

Selain temperamen yang sulit dikontrol karena hormon yang tidak seimbang, gangguan menstruasi lain bisa berupa:

1.     Siklus menstruasi tidak teratur

Menstruasi yang tidak teratur bisa menjadi tanda adanya gangguan kesuburan. Seperti gejala PCOS (Polystic Ovarium Syndrome), yaitu kondisi ketidakseimbangan hormon. Penyebab PCOS ini bisa karena obesitas, resistensi insulin, gangguan enzim di ovarium dan juga faktor genetik.

2.     Nyeri perut

Saat menstruasi biasanya wanita mengalami nyeri di sekitar perut. Nyeri ini bisa muncul sesaat sebelum menstruasi hingga hari ketiga menstruasi. Nyeri ini pada dasarnya normal karena adanya kontraksi rahim saat pelepasan sel telur. Tetapi, jika nyeri terlalu intens, hal ini bisa mengganggu suplai oksigen ke jaringan otot, hal inilah yang menimbulkan kram.

Tetapi ada juga nyeri yang disebabkan hal lain, Endometriosis misalnya. Endometriosis adalah radang yang terkait dengan hormon Estrogen. Penderita biasanya tidak hanya mengalami kram di perut tetapi juga di sekitar panggul. Untuk mengetahui adanya Endometriosis harus dilakukan pemeriksaan menyeluruh seperti Laparoskopi, USG (Ultrasonografi) rahim atau MRI (Magnetic Resonance Imaging) perut.

Terapi yang diberikan dokter untuk mengurangi gangguan menstruasi biasanya adalah:

-       Terapi non hormon seperti anjuran mengonsumsi karbohidrat dan mineral, pemberian B6, anjuran olahraga, dll.

-       Terapi hormon, seperti progesterone, estrogen, danazol, pil kontrasepsi oral, dll.

Sulit Hamil

Meski gangguan menstruasi bisa dikaitkan dengan masalah Infertilitas tetapi gangguan menstruasi tidak selalu berujung pada masalah sulit hamil. Banyak wanita yang bisa memiliki momongan meski pada masa muda mengalami gangguan menstruasi. Hal ini karena masalah Infertilitas bukan disebabkan oleh gangguan menstruasi semata. Infeksi atau peradangan di dalam rahim salah satunya, yang menyulitkan embrio menempel di dinding rahim.

Bunda tak perlu kuatir. Sekarang ini banyak dokter spesialis yang siap membantu Bunda untuk segera memiliki momongan. Jangan lupa, masalah kesuburan bukan hanya dari seorang istri, tetapi bisa juga suami. Jadi, Bunda jangan terlalu menyalahkan diri sendiri. Lakukanlah pemeriksaan menyeluruh agar segera diketahui penyebabnya.

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman