SITE STATUS
Jumlah Member :
462.056 member
user online :
3124 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Manfaat Minum Susu untuk Keluarga

   

Manfaat Minum Susu untuk Keluarga

Posted:2016-06-08 13:26:09


Bunda mungkin pernah membaca informasi betapa pentingnya susu untuk pertumbuhan si kecil. Tetapi bukan hanya si kecil, ternyata Ayah dan Bunda juga perlu rutin minum susu setiap hari. Kenapa? Berikut manfaat-manfaat susu untuk keluarga.

1.     Susu mengandung vitamin D yang membantu tubuh untuk menyerap kalsium. Vitamin D juga dapat mencegah si kecil dari penyakit autoimun, masalah pernapasan dan kardiovaskular. Pastikan susu yang Bunda pilih ada kandungan vitamin D-nya.

2.     Minum susu secara rutin dari kecil membuat tulang kuat dan dapat mencegah kita dari penyakit Osteoporosis, karena susu merupakan sumber kalsium. Bukan hanya susu, tetapi juga turunannya seperti keju dan yoghurt.

3.     Bukan hanya tulang, tetapi rajin minum susu dapat membuat gigi kuat. Kalsium juga membantu pertumbuhan gigi si kecil dan mencegahnya dari bolong gigi.

4.     Susu diperlukan balita dan juga dewasa. Untuk balita susu diperlukan untuk menunjang pertumbuhannya. Sedangkan untuk dewasa, susu memberikan 30% dari kebutuhan kalsium setiap harinya.

5.     Selain susu hewani, Bunda bisa memberinya susu nabati seperti susu kedelai, susu kacang hijau atau susu kacang merah. Pada beberapa anak yang alergi susu sapi, susu nabati ini bisa diberikan. Oh ya, untuk Bunda dan Ayah yang vegetarian juga bisa memilih susu nabati ini ya.

6.     Bila Bunda dan Ayah mulai minum susu kembali setelah sekian lama berhenti, dan timbul reaksi diare setelahnya, bisa jadi karena enzim pencernaan yang bertugas mencerna susu belum diproduksi. Jangan kuatir, setelah 2-3 kali minum susu secara rutin, enzim pencernaan akan menyesuaikan kembali.

7.      Tidak ada waktu yang khusus untuk meminum susu. Tetapi sebaiknya susu diberikan setelah anak mengonsumsi menu utamanya. Karena bila tidak, bisa-bisa ia sudah kenyang dan menolak makan.

8.     Sebaiknya hindari susu yang mengandung gula, terutama pada anak yang beresiko obesitas. Pilih susu plain seperti susu UHT warna putih (bukan vanilla).

9.     Boleh minum susu bersama obat? Tentu saja boleh. Salah satu trik jitu memberikan obat pada anak yaitu dengan mencampurkannya ke dalam susu. Tetapi obat Antibiotik tidak disarankan diberikan bersama susu, karena susu dapat menghambat penyerapan zat aktif dalam Antibiotik.

10. Bunda yang sedang hamil disarankan mengonsumsi susu secara rutin, terutama pada trimester kedua di mana tulang janin mulai terbentuk. Pilih susu low fat untuk mengontrol kenaikan berat badan Bunda saat hamil.

11. Minum susu hangat sebelum tidur dapat meringankan stress sehingga membuat Bunda tidur lebih nyenyak. Bila kuatir berat badan bertambah, pilih susu yang rendah lemak.

Tetapi ingat ya, meskipun si kecil suka minum susu , prioritaskan menu utamanya. Pastikan si kecil makan dengan gizi seimbang setiap harinya.

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman